Artikel Terbaru

Uskup Kena Hoax, Umat Jangan Diam

Uskup Kena Hoax, Umat Jangan Diam
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comBerita hoax dalam Gereja terus meresahkan umat Katolik. Semua umat diharapkan selektif dalam menanggapi hoax dan bertanya pada sumber yang tepat.

Uskup Agung Jakarta Mgr Ignatius Suharyo menjadi Kardinal. Berita ini tersebar luas lewat pesan WhatsApp (WA) dan pesan BlackBerry Messenger (BBM) di gawai umat Katolik Keuskupan Agung Jakarta (KAJ). Di Facebook pun, orang mulai memasang status, “Selamat atas terpilihnya Mgr Suharyo sebagai Kardinal.” Selama Oktober 2016, nama Mgr Suharyo beredar luas di media sosial.

Menanggapi beredarnya berita tak benar ini, Sekretaris Keuskupan Agung Jakarta Romo Vincentius Adi Prasojo mengatakan, berita tersebut tidak benar. Itu adalah hoax. Romo Adi pun meminta agar umat tidak menyebarkan berita itu. Berkaca dari pengalaman, kata Romo Adi, sejauh ini umat Katolik sudah cukup cerdas. Ketika beredar informasi seperti itu mereka bertanya kepada pihak Keuskupan. “Karena itu, sebagai umat dan pelaku media sosial kita diingatkan kembali akan panggilan untuk membawa damai di tengah masyarakat,” ujar Romo Adi.

Romo Adi juga menjelaskan bahwa hoax kadang membuat umat prihatin karena di dalamnya terdapat pemberitaan bohong. Hal ini tentu bertolak belakang dengan misi Gereja, yaitu mewartakan damai. Maka Gereja perlu memiliki kesadaran membangun pendidikan literasi dan komunikasi sosial. Selain itu, KAJ selalu mengeluarkan pernyataan dalam bentuk surat edaran ketika ada berita hoax yang berhubungan dengan Gereja. “Surat-surat itu cukup efisien, meski tidak komprehensif karena banyak media online yang masih memberitakan hoax,” ujarnya.

Uskup Meninggal
Akhir 2015, sebuah hoax juga menghebohkan umat Keuskupan Purwokerto. “Selamat jalan Uskup Purwokerto, Mgr Julianus Kema Sunarka SJ.” Demikian isi pesan yang beredar lewat grup WA. Umat pun ramai-ramai memajang foto Mgr Sunarka dengan tulisan, ‘Rest In Peace (RIP) Mgr Narko. Semoga bahagia di Surga.’ Tulisan ini pun dibalas dengan emoticon like dan tulisan ‘Amin’.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*