Artikel Terbaru

Johannes Toto: Guru Teknologi Bagi Wong Cilik

Johannes Toto.
[HIDUP/Edward Wirawan]

HIDUPKATOLIK.comBeda era, beda pula tantangan hidup. Johannes Toto merintis “Jeru” agar masyarakat awam, terutama orang-orang kecil bisa meningkatkan kualitas hidup. Ia membagi ilmunya gratis.

Di kantornya, Johannes Toto menerima beberapa pelamar kerja. Semua sarjana Teknologi Informasi (TI). Toto bertanya banyak hal kepada para pelamar, misal soal implementasi dasar TI dan pengetahuan TI sesuai tuntutan kebutuhan industri. Toto terkejut, karena mereka tak memberikan solusi yang relevan.

Momen wawancara itu mengusik Toto di sisa hari. Dalam hati ia bertanya, jika para sarjana saja seperti itu, bagaimana dengan lulusan SMA atau masyarakat pada umumnya. Di kepalanya, tebersit niat untuk mendirikan lembaga yang bisa menjadi wadah awam untuk meningkatkan kemampuan di bidang TI. Kelak, ia menamai wadah itu Java Enterprise University atau Jeru. Kata “university” tak mengacu pada kampus secara fisik melainkan pada sumbangan bagi masyarakat.

Suatu hari, Toto mendatangi Mamur Hadiana, penjual burger langganannya. Tanpa disangka, selagi membuat burger, Mamur meminta untuk belajar komputer. “Ya, Tuhan, Engkau memberikan aku murid pertama hari ini,” kenang Toto. Momen itu menjadi awal Jeru beroperasi.

Setiap Sabtu, di teras rumah Toto, Mamur belajar materi TI, misal algoritma pemrograman, dan variabel TI. Sebelum itu, ia mendapat asupan semangat dari Toto. “Prinsip saya adalah membangun kepercayaan diri dulu baru belajar materi. Kepercayaan diri penting, karena banyak orang yang kalah sebelum berperang,” jelas Toto.

Mamur yang lulusan SMA kemudian menjadi software developer yang menguasai berbagai platform bahasa pemrograman: Java, PHP, Visual Basic, dan Database. Berbekal penghasilan yang jauh meningkat, kini Mamur telah menyelesaikan studi S2 di bidang TI. Mamur juga menguasai proses pemrograman Payment Gateway pada suatu e-Commerce dan berstatus sebagai Senior Software Developer.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*