Artikel Terbaru

Sr Stefani SSpS: Terpesona Sedulur Sikep

Sr Stefani SSpS
Sr Stefani SSpS: Terpesona Sedulur Sikep
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comTeladan hidup serta militansi para Sedulur Sikep dalam menjaga dan merawat bumi membuatnya takjub. Ia berjumpa Yesus di tengah para penolak pabrik semen ini.

Segudang jabatan tinggi sempat ia sandang. Ia pernah menjadi Provinsial Kongregasi Misi Abdi Roh Kudus (Congregatio Missionalis Servarum Spiritus Sancti/SSpS) Provinsi Jawa. Ia juga mantan Anggota Dewan Tim Pimpinan Kongregasi SSpS di Roma. Tapi soal memandang dan menjalani kehidupan, ia justru belajar banyak dari Sedulur Sikep.

Sejak kecil, biarawati asal Pati, Jawa Tengah itu mendengar berbagai cerita tentang wong Sikep dari orang-orang di sekitar. Mereka menilai para pengikuti ajaran Samin Surosentiko ini lugu, polos, dan jujur. Tapi mereka juga tak imun penilaian negatif dari orang-orang yang belum mengenal kelompok ini.

Ada yang menganggap mereka bodoh dan ngenyelan (keras kepala). Tapi itu karena kejujuran dan keluguan mereka. Misalkan, ada warga bertanya kepada wong Sikep yang berjalan dan membawa cangkul, “Mau pergi ke sawah?” Mereka hanya menjawab, “Wong sudah tahu kok masih bertanya.” Ada yang menanyakan di mana rumah mereka, hanya dijawab: “Tak dibawa.”

Manfaatkan Liburan
Enam tahun berada Kota Abadi, Sr Stefani pulang kampung pada 2014. Ia berencana menghabiskan liburan selama tiga bulan dengan tinggal bersama penduduk, yang belum pernah ia jumpai dan punya pola hidup berbeda dengannya. Rencana itu ia sampaikan kepada Romo A. Tri Budi Utomo. Vikaris Jenderal Keuskupan Surabaya itu menyarankan, Sr Stefani tinggal bersama Sedulur Sikep.

Menurut Romo Didik, sapaannya, orang-orang Sikep sedang mempertahankan alam Pegunungan Kendeng dari cakar pabrik semen. Wong Sikep meyakini, pabrik semen bakal mengancam eksistensi lahan pertanian dan persedian air bagi mereka.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*