Artikel Terbaru

SAGKI Keluarga

SAGKI Keluarga
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Gelaran Sidang Agung Gereja Katolik Indonesia (SAGKI) pertama kali diadakan tahun 2000. Di tengah gelombang reformasi yang masih hangat, Gereja membuat gerakan baru. Umat awam terlibat aktif menentukan arah gerak Gereja. SAGKI pertama diarahkan kepada perwujudan dan pemberdayaan komunitas basis menuju Indonesia yang baru.

Lima tahun kemudian, SAGKI kedua digelar. Perhelatan yang diawali dengan Pertemuan Nasional orang muda Katolik ini, meneruskan semangat SAGKI pertama. Melalui SAGKI kedua ini, Gereja diajak “Bangkit dan Bergerak” untuk membentuk keadaban publik baru bangsa. Selang lima tahun, SAGKI ketiga digelar dengan tema “Ia Datang Supaya Semua Memperoleh Hidup Dalam Kelimpahan (bdk. Yoh 10:10)”.

Tahun ini, dalam semangat yang sama, SAGKI keempat diadakan. SAGKI 2015 ini memberi perhatian kepada panggilan dan perutusan keluarga sebagai “Ecclesia domestica”. Keluarga diajak agar senantiasa mewartakan Sukacita Injil dalam Gereja dan masyarakat. Panggilan dan perutusan ini seiring sejalan dengan perhatian Gereja Universal kepada pastoral keluarga dengan segala tantangan dan peluang.

Perhatian Gereja ini lantaran keluarga Katolik, sebagaimana keluarga-keluarga lain yang hidup di dunia kini, sedang berjumpa dan menghadapi beragam tantangan.Paus Fransiskus dalam Evangelii Gaudium menyebutkan, “… keluarga sedang mengalami krisis budaya yang luar biasa, sebagaimana halnya dengan semua ikatan komunitas dan sosial.

Dalam kasus keluarga, melunturnya ikatan-ikatan ini sungguh serius, karena keluarga adalah sel dasar masyarakat, di mana kita meskipun berbeda, belajar hidup bersama orang lain dan menjadi milik satu sama lain; keluarga juga merupakan tempat di mana orangtua mewariskan iman kepada anak-anak. Perkawinan masa kini cenderung dipandang sebagai bentuk kepuasan emosional belaka yang dapat dibangun dan diubah sekehendaknya sendiri….”

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 46 Tanggal 15 November 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*