Artikel Terbaru

St Raymundus Nonnatus OdeM (1204–1240): Gembok di Bibir Sang Pembebas

Penjaga tahanan memasang gembok di bibir St Raymundus.
[Vicente Carducho]
St Raymundus Nonnatus OdeM (1204–1240): Gembok di Bibir Sang Pembebas
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comRatusan sandera Kristen ia bebaskan. Sebuah gembok mengunci mulutnya rapat-rapat, agar tak banyak orang menjadi pengikut Kristus.

Semua orang tak mau menjadi sandera atau berada dalam tahanan. Tapi berbeda dengan Pastor Raymundus Nonnatus OdeM. Imam Mercederian (Ordo Beatae Mariae de Mercede Redemptionis Captivorum/OdeM) itu merelakan diri sebagai jaminan bagi para tahanan. Tindakan itu ia lakukan agar tak ada orang Kristen yang menjadi budak belian.

Semula kedatangan imam muda asal Portello, Catalunya, Spanyol ini ke sana sambil membawa tebusan bagi para sandera. Namun apa lacur, uang yang ia bawa tak sesuai keinginan para penyandera. Alih-alih kembali ke biara, ia justru memilih tetap berada bersama para tahanan.

Selama berada di balik jeruji besi, Pastor Raymundus memberikan peneguhan
kepada umatnya. Ia juga mewartakan Injil kepada kaum Mor. Banyak yang tertarik dengan khotbahnya lantas menjadi Kristen. Hal ini membuat pimpinan kaum Mor khawatir. Ia menyuruh anak buahnya untuk menyiksa sang imam.

Bukannya membuat jera, deraan itu justru kian memecut semangat Pastor Raymundus untuk mewartakan Injil. Demi membungkamnya, mereka melubangi dan memasang gembok di bibir imam muda itu. Gembok itu di buka saat Pastor Raymundus makan. Siksaan itu berlangsung hampir delapan bulan.

Operasi Caesar
Nomen est omen, nama adalah tanda. Ungkapan ini cocok untuk menjelaskan latar belakang pemilihan nama Nonnatus di belakang Raymundus. Nama kecil itu bukan asal comot, juga bukan sekadar gagah-gagahan. Ada kisah yang melatarinya.

Nonnatus, dalam bahasa Latin berarti tak dilahirkan. Ini menguak kelahiran
Raymundus yang tak biasa. Alkisah, ada sepasang suami-istri yang telah lama
merindukan anak. Suatu hari pasutri itu memutuskan untuk berziarah ke pertapaan St Nikolaus di Segarra, Catalunya, Spanyol.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*