Artikel Terbaru

Kerahiman Allah

Kerahiman Allah
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Bapa Suci menetapkan 2016 sebagai Tahun Yubileum Kerahiman Allah. Tahun Yubileum menjadi rahmat bagi segenap umat Kristiani dan momen kebangkitan untuk evangelisasi baru, dan pembaharuan pastoral.

Tahun Yubileum akan dimulai 8 Desember 2015, pada Hari Raya Maria Dikandung Tanpa Noda. Paus Fransiskus akan menandai awal Tahun Yubileum itu dengan membuka pintu suci Basilika Santo Petrus. Bapa Suci juga meminta para uskup di seluruh dunia untuk membuka pintu kerahiman sebagai tanda persekutuan dengan Gereja. Tahun Yubileum akan berlangsung hingga 20 November 2016, Hari Raya Kristus Raja Alam Semesta.

Dengan moto “Hendaklah kamu murah hati seperti Bapamu” (Merciful like the Father) Paus mengajak umat untuk mengikuti contoh kerahiman Allah yang meminta kita untuk tidak menghakimi atau menyalahkan, tetapi memberikan kasih dan pengampunan.

Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) menempatkan Tahun Yubileum Kerahiman Allah ke dalam tema tahun pertama Arah Dasar (Ardas) 2016-2020 yakni “Kerahiman Allah Memerdekakan”. Arah Dasar sendiri secara resmi dipromulgasikan 7 November di depan puluhan ribu umat di Kemayoran, Jakarta.

Seluruh umat KAJ diajak untuk merayakan tahun 2016 sebagai Yubileum Kerahiman Allah, yang akan diawali dengan Perayaan Ekaristi 8 Desember 2015 dan berpuncak pada Hari Raya Kristus Raja, 20 November 2016. Dalam kesempatan itu, Uskup Keuskupan Agung Jakarta akan memberikan rahmat indulgensi khusus.

KAJ menetapkan empat pokok perhatian selama pelaksanaan Yubileum Kerahiman Allah, yakni spiritualitas inkarnasi Yesus Kristus sebagai perwujudan belas kasih Allah yang Maharahim; kehidupan doa, pertobatan dan rekonsiliasi, merenungkan Sabda Allah dan beribadah, katekese dan liturgi yang hidup dan memerdekakan, serta mengamalkan iman (mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila dalam semangat sukacita Injili). Kita diajak untuk mendalami dan melaksanakan empat pokok perhatian itu dalam kehidupan nyata kita.

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 45 Tanggal 8 November 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*