Artikel Terbaru

Asa Perayaan Emas Karismatik

Paus Fransiskus berlutut dan berdoa dalam acara karismatik di Stadion Olympico, Roma.
[National Catholic Reporter]
Asa Perayaan Emas Karismatik
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comMemperbaiki hubungan dan membangun dialog dengan denominasi Kristen, jadi tujuan Paus Fransikus pada perayaan emas Pembaruan Karismatik Katolik.

Orang pasti tak menyangka, Paus Fransiskus bisa tak sreg dengan kehadiran kelompok Pembaruan Karismatik Katolik (PKK). Ini sungguh terjadi. Saat berada di atas pesawat, setelah berkunjung ke Swedia, Paus buka-bukaan kepada para wartawan. “Pada tahun-tahun pertama PKK di Buenos Aires, saya tak terlalu menyukai orang-orang Karismatik,” ungkapnya.

Pengalaman itu terjadi ketika Pastor Jorge Mario Bergoglio SJ menjadi Provinsial Serikat Yesus Argentina (1973-1979). Sebagai Jesuit nomor satu di negara itu, ia melarang para koleganya terlibat di komunitas yang lahir pada Februari 1967 di Rumah Retret The Ark and The Dove Pittsburgh, Amerika Serikat ini.

Pastor Bergoglio adalah salah satu orang pertama yang menentang kehadiran komunitas ini di Negeri Matahari Biru. Bahkan ia blak-blakan mengungkapkan antipati kepada komunitas itu karena memasukkan tarian dalam ibadat mereka. “Liturgi ya liturgi, bukan sekolah samba,” protesnya.

Penasihat Karismatik
Samba merupakan tarian dari Afrika yang populer di Brasil. Kritik Magister Novisiat Sang Miguel, Villa Barilari itu jelas membuat telinga umat, terutama anggota PKK merah menyala. Apalagi pernyataan keras itu disampaikan seorang Guru Besar Teologi Universidad de San Miguel.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*