Artikel Terbaru

Albert Wibisono: Selalu Siap Melayani

Albert Wibisono.
[NN/Dok.Pribadi]
Albert Wibisono: Selalu Siap Melayani
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.comIa tertarik mendalami liturgi dan tradisi Gereja Katolik. Ia memberikan diri dalam pelbagai pelayanan di Gereja. Salah satu cara “bermisi” yang ia pilih.

Paus Fransiskus menunjuk Romo Samuel Oton Sidin OFMCap sebagai Uskup Sintang pada 21 Desember 2016. Untuk keperluan pembuatan pakaian uskup dan kelengkapannya, Nunsius Apostolik Vatikan untuk Indonesia Mgr Antonio Guido Filipazzi meminta bantuan Albert Wibisono untuk mengukur badan Mgr Samuel. Ukuran itu akan dikirimkan ke Vatikan.

Ketika mengukur Mgr Samuel, Albert menawarkan diri untuk membuat lambang Uskup. “Mgr Samuel menyetujui tawaran itu. Dulu saya membantu Mgr Pidyarto (Uskup Malang Mgr Henricus Pidyarto Gunawan OCarm-Red) juga. Setelah itu, saya membuat tulisan terkait aturan-aturan dalam membuat lambang Uskup. Mgr Samuel ngeprint tulisan-tulisan itu lalu dibaca dan dipelajari. Beliau orang yang rendah hati, mau mempelajari tulisan saya. Ini bentuk penghargaan beliau,” kisah Albert.

Albert membutuhkan waktu satu bulan hingga lambang Uskup Sintang bisa diterjemahkan dalam simbol. “Butuh waktu untuk riset menyesuaikan aturan yang ada dengan simbol-simbol yang digunakan, misal Mgr Samuel ingin memasukkan unsur budaya Dayak atau juga simbol Fransiskan. Kami bertatap muka sekitar empat kali, lalu berdiskusi via pesan singkat, telepon, untuk saling mempelajari aturan dalam membuat lambang Uskup dan apa yang menjadi hal yang dihayati Mgr Samuel.”

Bagi laki-laki kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 23 Juni 1967 ini, apa yang ia lakukan adalah bagian dari pemberian dirinya untuk Gereja. Ia ingin berbagi anugerah Tuhan.

Berbagi
Ketertarikan Albert mempelajari simbol-simbol berawal dari keingintahuan soal liturgi dan tradisi Gereja Katolik. “Sebelum 2004, saya sudah mulai tertarik pada liturgi, tapi saat itu hanya punya sedikit buku liturgi. PUMR (Pedoman Umum Misale Romawi-Red) adalah buku liturgi pertama saya,” ujar anak pertama dari tiga bersaudara ini.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*