Artikel Terbaru

Maria Franziska Suryawati Liman Halim: Ibu Rumah Tangga Merintis Batik Bogor

Maria Franziska Suryawati Liman Halim.
[HIDUP/Edward Wirawan]
Maria Franziska Suryawati Liman Halim: Ibu Rumah Tangga Merintis Batik Bogor
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comMenjadi ibu rumah tangga tak berarti hanya berkutat dengan urusan rumah. Franziska Halim contohnya. Ia merintis Batik Mago.

“Ini salah satu Batik Mago,” ujar Franziska sambil menunjukkan batik yang ia pakai. Sembari menyusuri lobi Balai Besar Pelatihan dan Pendidikan Ekspor Indonesia di Grogol, Jakarta Barat, Franziska bercerita seputar Batik Mago yang ia rintis sejak tiga tahun silam. “Batik Mago masih kategori Usaha Kecil Menengah (UKM), ” kata pemilik nama lengkap Maria Franziska Suryawati Liman Halim ini.

Pekan lalu, dalam rangka Hari Perempuan Internasional, Franziska bersama
sekitar 40 orang penggiat UKM dari Kota Bogor, Jawa Barat mengikuti pelatihan ekspor selama tiga hari. Pelatihan ini diadakan Dinas Industri dan Perdagangan Kota Bogor. Lewat pelatihan ini, Franziska belajar kiat-kiat usaha menciptakan produk berkualitas ekspor.

Memberdayakan
Perkenalan ibu tiga anak ini dengan batik didapat dari Mechtildis Tyastresnadewi Halim. Mechtildis adalah putri sulungnya yang menempuh kuliah bidang budaya, termasuk pelajaran membatik. Belajar memang tak mengenal umur. Franziska pun akhirnya memperdalam belajar membatik ke beberapa daerah. Setelah cukup bekal pengetahuan, Franziska mulai mencanting sendiri di rumah.

Lama-kelamaan, ia merasa, mencanting sendirian itu kurang asyik. Lantas ia mengajak beberapa ibu-ibu Katolik kenalannya, yang sudah pensiun. Kini, para ibu ini telah mandiri dan bisa mencanting sendiri di rumah.

Pada 2014, Franziska menamakan usahanya Batik Mago. Kata Mago, merupakan akronim dari Magnolia Figo, nama Latin bunga cempaka mulia. Nama ini, lanjut Franziska, agar semua yang terlibat di dalamnya menjadi mulia dalam kehidupan.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*