Artikel Terbaru

Keuskupan Militer

Mgr Suharyo bersama para prajurit TNI-POLRI.
[Dok. HIDUP]
Keuskupan Militer
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Mgr Ignatius Suharyo, Uskup Militer Indonesia. “Pastoral di lingkungan militer dalam sejarahnya muncul di negara lain. Ini pada sekitar Perang Dunia I dan Perang Dunia II. Waktu itu, tentara diutus ke medan perang. Nah, di situlah fungsi pastor militer, yakni untuk mendampingi tentara-tentara yang hendak diutus perang. Di Indonesia juga demikian.

Berkaitan dengan diakuinya Keuskupan Militer oleh pemerintah seperti apa? Saya kira sulit sekali membayangkan pemerintah Indonesia untuk memahami cara-cara Gereja Katolik Roma untuk melayani umatnya, terutama yang berkaitan dengan militer. Ambil saja contoh sederhana, mereka tidak pernah tahu apa arti Keuskupan Militer. Apa artinya Uskup, imam, saya sering menerima surat “kepada Bapak/Ibu/Sdr Uskup”. Apalagi menyangkut struktur. Tetapi meski demikian, selalu bisa diusahakan untuk pelayanan khusus bagi prajurit Katolik.

Dulu Keuskupan Militer, pastor militer itu memiliki fungsi untuk mendampingi tentara yang diutus berperang. Sekarang fungsinya berganti menjadi pelayanan, pastoral bagi mereka yang hidup di dunia militer, juga bagi keluarganya.”

Edward Wirawan

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 14 Tanggal 2 April 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*