Artikel Terbaru

Menjadi Garam dan Terang

Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman.
[HIDUP/Maria Pertiwi]
Menjadi Garam dan Terang
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Keberadaan Ordinariat Militer Indonesia mempunyai fungsi untuk menjalankan pelayanan pastoral dan memberikan pendampingan rohani kepada para prajurit TNI-POLRI. Mayjen TNI (Purn) Tono Suratman mengungkapkan bahwa para prajurit TNI-POLRI membutuhkan pendampingan agar bisa menjadi 100 persen Katolik, 100 persen Indonesia.

“Kita beri teladan dalam menjalankan kerja, beri teladan kedisiplinan dan
tanggung jawab dalam menjalankan tugas kita dalam matra masing-masing. Dan tunjukkan jati diri sebagai seorang Katolik,” ujarnya. Tono juga mengatakan bahwa kebhinnekaan mewarnai tubuh TNI-POLRI. “Salah satu cara untuk menjalin relasi dengan mereka yang berbeda bisa dengan mengadakan olahraga bersama. Ini bisa menjadi alat untuk bisa masuk ke semua lini, untuk menyatukan dari berbagai latar belakang,” imbuhnya.

Dengan adanya pastoral melalui Keuskupan Militer, menurut Ketua KONI Pusat ini, kita diajak untuk menjadi garam dan terang. “Garam itu kecil, tapi tetap dikenang,” tandasnya.

Hal senada diungkapkan Kolonel Caj. (Purn) Thomas Tongge. Katekis Militer dan Mantan Kasubdisbinrohkat Disbintalad ini mengungkapkan bahwa sebagai prajurit Katolik TNI-POLRI diharapkan bisa menjadi 100 persen Katolik, 100 persen Indonesia serta menjadi garam dan terang di mana pun berada. Ia berharap, nilai-nilai Katolik terus dihidupi semua anggota militer. “Di pembinaan mental yang ada di TNI-POLRI ditekankan mengenai pembinaan rohani, ideologi, dan kejuangan.”

Ia juga bersyukur, karena Uskup Militer Mgr Ignatius Suharyo memberi perhatian, dukungan bagi para prajurit Katolik TNI-POLRI. Tidak hanya yang di Jakarta, tetapi di daerah-daerah. Mgr Suharyo berkunjung ke daerah-daerah untuk menguatkan para prajurit TNI-POLRI. “Saya merasa bersyukur dengan adanya Ordinariat Militer Indonesia ini, bisa mempertemukan Gereja dengan militer,” demikian Thomas.

Maria Pertiwi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 14 Tanggal 2 April 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*