Artikel Terbaru

Kongregasi Suster St Yusuf (KSSY): Mandiri Melayani Citra Allah

Wajah gembira suster-suster novis KSSY.
[NN/Dok.KSSY]
Kongregasi Suster St Yusuf (KSSY): Mandiri Melayani Citra Allah
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.comSudah 20 tahun Kongregasi Suster St Yusuf berdiri sebagai tarekat otonom di Medan, Sumatera Utara. Di Indonesia mereka berkarya di delapan Keuskupan.

Generalat Kongregasi Suster St Yosef (KSSY) terletak di Hayam Wuruk, Medan, Sumatera Utara. Pada 19 Maret lalu, para suster KSSY merayakan ulang tahun kedua puluh berdirinya KSSY secara otonom di Indonesia. Tak ada acara khusus nan meriah memperingati hari jadi KSSY Medan tersebut. Mereka hanya berkumpul dan bersyukur lewat doa bersama di komunitas. Selebihnya, rutinitas pelayanan, yakni kunjungan ke Paroki, doa Lingkungan, pelayanan katekese, dan kegiatan-kegiatan kategorial berjalan seperti biasa.

Pimpinan Umum KSSY Medan Sr Yosephine Situmorang KSSY mengatakan, biasanya saat ulang tahun KSSY diadakan bermacam-macam perlombaan. Aneka kegiatan ini diadakan di sekolah-sekolah yang dilayani para suster. “Tapi untuk tahun ini tidak ada. Kami merayakan dengan mengucap syukur dan berdoa bersama di komunitas saja,” ujar Sr Yosephine yang baru berkarya sebagai Pemimpin Umum KSSY sejak 26 November 2016.

Di Indonesia
Awal mula kehadiran KSSY di tanah Sumatera tak lepas dari peran Vikaris Apostolik Padang waktu itu Mgr Mathias Leonardus Trudon Brans OFMCap (1879-1969). Awal tahun 1990-an, Medan menjadi pusat perkebunan Hindia Belanda. Di sana terdapat cukup banyak umat Katolik. Di daerah Petisah (sekarang Hayam Wuruk), berdomisili warga Tamil, India. Kebanyakan dari mereka beragama Katolik, namun kurang mendapatkan pelayanan rohani dan pendidikan. Ketika itu baru ada beberapa Suster Fransiskanes Dongen (SFD) dan Suster-suster Fransiskanes St Elisabeth (FSE) yang melayani di bidang kesehatan.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*