Artikel Terbaru

Rumah Kita

Rumah Kita
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Ada yang menarik dari lirik lagu Rumah Kitanya God Bless. “Lebih baik di sini, rumah kita sendiri, segala nikmat dan anugerah yang Kuasa, semuanya ada di sini”. Lirik lagu “Rumah Kita” ini tentu tidak menginspirasi Paus Fransiskus dalam ensikilik keduanya Laudato Si’, tentang perawatan rumah kita bersama. Namun semangatnya sama: Kita harus merawat bumi rumah kita bersama, di sini segala nikmat dan anugerah yang Kuasa, semuanya ada di sini.

Ensiklik Laudato Si’ langsung memberi warna. Umat menyambut ajakan Paus Fransiskus untuk merawat bumi sebagai tempat tinggal bersama dengan penuh semangat. Laudato Si’ menjadi jargon baru. Setiap tindakan yang terkait dengan lingkungan hidup senantiasa diberi label menindaklanjuti Laodato Si’. Baik tindakan sederhana yang dilakukan oleh perseorangan, atau yang sistemik dibawah kendali kelompok-kelompok profesional dan lembaga-lembaga Gereja. Seluruh umat tersadar. Cuaca yang makin terasa panas.

Udara yang semakin kotor oleh polusi asap pabrik dan kendaraan bermotor. Sungai yang kian tercemar limbah. Tempat tinggal yang semakin rentan banjir karena pendangkalan aliran air dan sebagainya. Bumi menuju kerusakan. Semua harus dihentikan dan diperbaiki.

Sejatinya, manusia dan lingkungan alam merupakan satu kesatuan. Ibarat sampul surat dan perangko, keduanya lengket tak terpisahkan. Manusia dan lingkungan alamnya mempunyai hubungan timbal balik yang saling terkait dan saling mempengaruhi. Keduanya terikat dalam satu sistem. Jika lingkungan rusak, manusia akan ikut rusak. Manusia lalai, lingkungan pun akan menjadi rusak.

Bumi adalah rumah kita sendiri. Memakai cara berpikir Julian H. Steward, bahwa budaya dan lingkungan itu saling timbal balik, maka, marilah kita menciptakan lingkungan yang baik dan sehat, supaya kita dan anak cucu kita dapat tumbuh dan berkembang dalam budaya yang baik dan sehat pula. Bukankah merawat bumi merupakan salah satu perwujudan iman kita?

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 44 Tanggal 1 November 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*