Artikel Terbaru

Habitus Peduli Lingkungan Hidup

Proses pembibitan di kebun darling.
[NN/Dok.KebunDarling]
Habitus Peduli Lingkungan Hidup
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Selaras dengan Arah Dasar KAJ 2016-2020, paroki-paroki KAJ melakukan berbagai kegiatan menjaga bumi. Menumbuhkan kepedulian pada lingkungan hidup.

Gereja Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) terus menggerakkan umat untuk peduli dan menjaga lingkungan hidup. Gerakan itu dilakukan melalui Seksi Lingkungan Hidup di paroki, atau seksi lain serta kelompok kategorial, sebagai wujud keikutsertaan dalam menjaga lingkungan hidup.

Salah satu proyek percontohan kesadaran lingkungan KAJ adalah Kebun Sadar Lingkungan (Kebun Darling) Pamulang, Tangerang. Kebun ini terletak di Paroki St Barnabas Pamulang. Kebun seluas 1,3 hektar ini dimanfaatkan sejak 2009 oleh KAJ bekerjasama dengan Tim dari Paroki Pamulang.

Kebun Darling menjadi tempat pendidikan bagi masyarakat sekitar Pamulang. Koordinator Kebun Darling, Emyliana menjelaskan, di tempat ini sering diadakan kegiatan untuk mengajak masyarakat peduli lingkungan. Berbagai kegiatan pengolahan sampah terpadu dengan bank sampah diadakan dengan melibatkan masyarakat sekitar. Kebun ini juga menjadi anggota Forum Komunikasi Bank Sampah (Forkas) Tangerang Selatan. Saat ini, Emyliana adalah Ketua Forkas Tangerang Selatan.

Selain bank sampah, di Kebun Darling juga diadakan pembuatan kompos, pembibitan tanaman organik, pembuatan biopori, dan peternakan ayam organik. Juga diadakan pelatihan membuat prakarya daur ulang dari sampah anorganik seperti kemasan kopi, susu, dan deterjen.

Bergerak Bersama
Beralih ke sebalah utara Jakarta, di Paroki Regina Caeli Pantai Indah Kapuk (PIK), seksi PSE bekerjasama dengan Seksi Lingkungan Hidup Paroki PIK membuat Green House Sahabat Bumi. Tempat ini berada di perbatasan Kelurahan Cengkareng Timur dan Kapuk, Jakarta Barat. Diresmikan 17 Agustus 2014 tempat ini berfungsi sebagai tempat pelatihan warga dan umat Paroki PIK dalam bercocok tanam hidroponik. Mereka bekerjasama dengan Pemerintah Kecamatan Cengkareng, Kelurahan Cengkareng Timur dan masyarakat RW 012.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*