Artikel Terbaru

Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM: Pertobatan Ekologis

Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM.
[HIDUP/Edward Wirawan]
Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM: Pertobatan Ekologis
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Gerakan kepedulian kepada lingkungan hidup menurut Mgr Paskalis merupakan pertobatan ekologis. Umat memiliki kesadaran kognitif akan kerusakan ibu bumi. Kesadaran itu menimbulkan hasrat yang melahirkan cara pandang dan habitus baru terhadap alam dan lingkungan hidup. Gerakan ini perlu dikonkretkan dalam gerakan nyata, misalnya dengan penanaman pohon, pertanian organik yang diarahkan akan memberikan manfaat sosial dan ekonomi umat serta masyarakat. Demikian ungkapan Uskup Bogor, Mgr Paskalis Bruno Syukur OFM menanggapi gerakan peduli lingkungan hidup ketika ditemui HIDUP, Senin, 19/10.

Lebih lanjut, Mgr Paskalis mengingatkan bahwa untuk meningkatkan gerakan kepedulian ini umat Keuskupan Bogor diajak untuk memiliki tanggung jawab sosial melestarikan lingkungan hidup dan merawat bumi. Wacana itu menurut Mgr Paskalis telah didukung oleh bentangan alam Sunda yang sebagian merupakan wilayah Keuskupan Bogor. Alam Sunda tersebut telah menyimpan dalam “rahim buminya” kesuburan yang menumbuhkan aneka produk pertanian, air jernih, dan hutan hijau. Berdasarkan keadaan itulah, Mgr Paskalis pada waktu tahbisan uskup sengaja mengangkat logo penggembalaan Keuskupan Bogor yang menggambarkan gunung, sawah ladang sebagai kekayaan bentangan alam Sunda. Ini memberikan arti bahwa perhatian penggembalaan keuskupan bersama imam dan umat di Keuskupan Bogor mesti bercorak untuk pelestariaan alam ciptaan Tuhan. “Intensi pastoral ini diperkuat lagi oleh seruan Paus dalam ensikliknya Laudato Si’: On Care our Common House (peduli rumah bersama kita),” ujarnya.

Kerja sama dengan pemerintah setempat diharapkan dijalin agar kesadaran ekologis dan perawatan bumi serta alam ini menjadi gerakan bersama. “Melalui gerakan ini Gereja Keuskupan Bogor membuka ‘tenda persaudaraan’ yang inklusif,” pungkasnya.

Edward Wirawan

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 44 Tanggal 1 November 2015

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*