Artikel Terbaru

Oyan Kristian: Doa Ibu Sepanjang Waktu

Oyan Kristian.
[NN/Dok.Pribadi]
Oyan Kristian: Doa Ibu Sepanjang Waktu
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Keluarganya sempat terbelit utang dan ia pun nyaris gila. Namun berkat doa sang ibu serta ketekunannya, ia mampu menegakkan pondasi ekonomi keluarga.

Emanuel Gildus mendidik empat buah hatinya dengan keras. Mereka adalah Oyan Kristian, Sonya Kristiani Maria, Romayo de Yesus, dan Denny Christ Mas. Sang ayah menuntut agar setiap catur wulan (kini semester), mereka juara satu di kelas. Bagi Gildus, siswa terbaik berada di posisi pertama, bukan kedua apalagi ketiga.

Demi menggapai target itu, Gildus menggojlok anak-anaknya setiap hari, sebagian besar waktu dipakai untuk belajar. Menurut pengakuan Oyan, mereka hampir tak ada waktu bermain. Jika ada kesempatan mereka melakukan aksi secara sembunyi-sembunyi. Bila sang bapak mengendus aksi itu, mereka harus siap menerima pukulan.

Tahun 1997, Gildus jatuh sakit. Menurut dokter ia terkena stroke. Sejak itu guru Pendidikan Moral Pancasila di SMP Negeri Kewapante di Ili, Maumere, Flores ini menghabiskan hari di tas pembaringan.

Gali Lubang
Sakitnya Gildus berdampak ke kondisi keuangan keluarga. Sang istri, Maria Perpetua terpaksa meminjam uang di koperasi, bank, dan toko di Maumere. Pinjaman itu digunakan untuk membiayai pengobatan suami, pendidikan anak, dan kebutuhan rumah tangganya.

Gildus dan Perpetua bekerja sebagai pegawai negeri sipil. Mereka punya gaji dan asuransi kesehatan. Namun, pendapatan mereka tak cukup untuk menutup seluruh kebutuhan. Apalagi, asuransi kesehatan yang mereka miliki sudah berada di ambang batas.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*