Artikel Terbaru

St Michael Hồ Đình Hy: Penyelundup Misionaris di Vietnam

St Michael Ho Dình Hy november 2015 hidup katolik.
[acquanxmandarin.com]
St Michael Hồ Đình Hy: Penyelundup Misionaris di Vietnam
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Jiwa patriotiknya menjadikannya loyal pada negara. Namun cintanya akan Kristus mengalahkan segalanya. Ia tetap setia membuka jalan misi Gereja. Akibatnya, ia dijatuhi hukuman pancung.

Hati para Misionaris Société des Missions Étrangères de Paris (MEP) berdebar ketakutan saat kapal yang mereka tumpangi diserang bajak laut di tengah samudra. Para Misionaris hanya bisa pasrah, berharap pada perlindungan Tuhan.

Seorang lelaki muda meminta agar kapal yang ditumpangi oleh para misionaris dibebaskan. Ia menawarkan semua kain sutra milik Kaisar Nguyễn Phúc Thì, yang dikenal sebagai Kaisar Tự Đức (1829-1883) kepada para perompak itu sebagai imbalannya. Berkat keuletan melobi, usahanya berhasil. Para bajak laut menerima tawaran lelaki muda itu. Mereka lalu membebaskan kapal yang ditumpangi para misionaris. Pelayaran dilanjutkan hingga mereka tiba di Vietnam dengan selamat.

Itulah sekelumit kisah Michael Hồ Đình Hy, martir Vietnam. Sikap heroiknya membuka jalan lebar bagi misi kekatolikan di Vietnam.

Orang Kepercayaan
Hồ Đình Hy adalah anak pedagang sutra kaya raya dari Cochin-Cina Utara (kini Vietnam Selatan). Pemilik nama baptis Michael ini lahir di Thua Thien, Cochin-Cina Utara, tahun 1808. Cochin- Cina termasuk salah satu wilayah pantai Timur Indocina bagian Selatan, yang sempat dijajah Perancis (1858-1945). Wilayah Indocina kini menjadi tiga negara, yakni Vietnam, Laos, dan Kamboja.

Sejak kecil, Đình Hy hidup dalam tradisi Katolik. Bungsu dari 12 bersaudara ini juga seorang patriot yang amat mencintai tanah tumpah darah dan loyal pada bangsanya. Lelaki Vietnam ini hidup pada zaman empat kaisar dari Dinasti Nguyễn (1802-1883). Yakni Kaisar Gia Long (1802-1820), Kaisar Minh Mạng (1820-1841), Kaisar Thiệu Trị (1841-1847), dan Kaisar Tự Đức (1847-1883).

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*