Artikel Terbaru

Berkat Penyelenggaraan Ilahi

Maria Elisabeth Gruyters.
[sustercb.org]
Berkat Penyelenggaraan Ilahi
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Tarekat Suster-suster Cinta Kasih St Carolus Borromeus (CB) didirikan Maria Elisabeth Gruyters (1789-1864). Tarekat ini lahir di Maastricht, Belanda, 29 April 1837. Modal utama berdirinya tarekat ini adalah penyelenggaraan Ilahi. Hal ini diakui sang pendiri sendiri, “Harta kekayaan yang kuandalkan untuk memulai karya ini hanyalah penyelenggaraan Ilahi”.

Pada April tahun ini, para suster CB merayakan 180 tahun berdirinya tarekat.
Rupanya penyelenggaraan Ilahi tak hanya menjadi dasar, tapi juga yang menuntun langkah karya ini sehingga mampu bertahan di tengah sapuan waktu dan aneka tantangan. Berawal dari Negeri Kincir Angin, tarekat CB tersebar ke berbagai negara. Situs resmi tarekat, www. cbsisters.net merilis, komunitas ini antara lain berada di Belgia, Brazil, Filipina, Kenya, Tanzania, Timor Leste, Amerika, dan Indonesia.

CB masuk ke Tanah Air pada 7 Oktober 1918. Sepuluh suster CB menginjakkan kaki pertama kali di Jakarta (dulu, Batavia). Kedatangan para suster itu juga merupakan perutusan pertama tarekat ke luar Belanda. Semula, para suster menangani rumah sakit. Seiring waktu mereka melayani bidang pendidikan, pastoral, dan sosial. Jumlah komunitas pun bertambah, berawal hanya satu kini sudah lebih dari 50.

Melihat perkembangan CB, khususnya di Indonesia, jadi teringat penggalan doa ibu pendiri tarekat: “…Semoga hatiku bernyala-nyala karena cinta, buatlah aku cakap dalam pengabdian-Mu”. Kemampuan dan keterampilan para anggota CB serta rekan karya, dan penyelenggaran Ilahi membuat karya CB meroket. Namun jangan melupakan lanjutan doa Gruyters, “Tetapi, tidaklah bermanfaat bagiku saja, pun juga keselamatan sesama manusia.”

Yanuari Marwanto

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 18 Tanggal 30 April 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*