Artikel Terbaru

Penampakan Yesus

Penampakan Yesus
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.comDi antara penampakan-penampakan Yesus sesudah bangkit, mengapa tidak ada kisah penampakan kepada Bunda Maria? Bukankah Yesus sangat mencintai ibu-Nya? Mohon penjelasan. Terima kasih.

Paula Maria Jumaiyah, Malang

Pertama, dalam keempat Injil, memang tidak ada kisah penampakan Yesus kepada Bunda Maria. Fakta ini tidak boleh disimpulkan bahwa Yesus sama sekali tidak menampakkan diri kepada Bunda Maria, ibu-Nya. Kita harus menyadari bahwa tidak semua peristiwa yang terjadi dilaporkan Injil (bdk. Yoh 20:30). Sangat mungkin penampakan Yesus kepada Maria termasuk peristiwa yang tidak dilaporkan dalam Injil. Contoh lain ialah apa yang ditulis Injil Lukas, “Sesungguhnya, Tuhan telah bangkit, dan telah menampakkan diri kepada Simon” (Luk 24:35).

Kita tidak menemukan di manapun kisah penampakan Yesus kepada Simon Petrus ini dalam kisah. Yang ditemukan hanya adanya legenda tentang bagaimana Yesus menjumpai Petrus yang mau kembali ke kampung halamannya. Yesus kemudian bertanya kepada Petrus dengan ungkapan yang terkenal dalam bahasa Latin: “Quo Vadis?”, ‘kemana engkau pergi?’.

Kedua, dalam “Direktorium mengenai Kesalehan Umat dan Liturgi” yang diterbitkan Kongregasi Ibadat dan Tata Tertib Sakramen (17 Desember 2001), dikatakan bahwa “Bunda kita adalah orang pertama, yang berpartisipasi penuh dalam misteri kebangkitan Tuhan” (No. 149). Hal yang sama sudah dikatakan Paus Yohanes Paulus II dalam audiensi pada Rabu, 21 Mei 1997.

Secara teologis diyakini bahwa karena Bunda Maria sudah menjadi pintu masuk kabar gembira Inkarnasi Sang Sabda, maka Bunda Maria juga akan menjadi pintu menyebarkan kabar gembira kebangkitan Kristus. Pendapat teologis ini sebenarnya sudah ada sejak abad V, yaitu dalam tulisan Sedulius. Dalam tulisan ini dikatakan bahwa sesudah bangkit, Kristus pertama-tama menampakkan diri kepada Maria, ibu-Nya. Memang data biblis tidak menunjukkan hal ini, tetapi perenungan teologis mengarahkan kepada kesimpulan ini.

Ketiga, data biblis menunjukkan bahwa Maria Magdalena menjadi saksi dan pewarta pertama kebangkitan karena kasihnya yang begitu besar kepada Yesus. Sebab lain karena kesetiaan Maria Magdalena yang penuh keberanian sampai di bawah kaki kayu salib Yesus serta keteguhan imannya yang melebihi para rasul.

Kita bisa sangat yakin bahwa kasih, kesetiaan, dan iman Bunda Maria pasti melebihi Magdalena. Bunda Maria jauh lebih dekat karena dia mengandung Yesus dalam rahimnya. Kita bisa mengatakan bahwa Bunda Maria adalah pribadi yang paling intim dan setia dalam mengikuti Tuhan Yesus. Bunda Maria pasti juga mempunyai iman paling kuat dibandingkan dengan para rasul dan murid-murid lainnya. Bunda Maria juga setia dan tekun sampai di bawah kayu salib Tuhan.

Maka tidak akan ada keberatan apapun jika dikatakan bahwa pastilah Yesus akan menampakkan diri pertama-tama kepada ibu-Nya sendiri sebelum Ia menampakkan diri kepada orang-orang lain. Mungkin inilah sebab Bunda Maria tidak ikut serta pergi ke kubur Yesus pada pagi-pagi itu (Mrk 16:1; Mat 28:1). Menilik kedekatan dan kasih Bunda Maria yang begitu besar kepada Yesus, tidak mungkin Bunda Maria tidak berangkat pagi-pagi ke kubur Yesus bersama dengan para wanita itu. Fakta bahwa Bunda Maria tidak disebutkan para penginjil, harus ditafsirkan bahwa Bunda Maria sudah mendapatkan penampakan Yesus pada pagi itu sebelum Yesus menampakkan diri kepada para wanita itu.

Keempat, keyakinan teologis inilah yang diungkapkan dalam beberapa praksis kesalehan umat “perjumpaan Kristus yang bangkit dengan ibu-Nya” yang dipertunjukkan dengan perjumpaan patung atau boneka Bunda Maria dan Yesus. Di Filipina, praksis kesalehan ini dinamakan salubung (Tagalog, artinya perjumpaan) yang dirayakan pada hari Minggu Paskah subuh. “Bunda kita adalah orang pertama, yang berpartisipasi penuh dalam misteri kebangkitan Tuhan” (No. 149).

Petrus Maria Handoko CM

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 18 Tanggal 30 April 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*