Artikel Terbaru

Seabad Maria Fatima

Lucia dos Santos, Fransisco Marto, dan Jacinta Marto.
[olmcfamilybible.com]
Seabad Maria Fatima
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com“Manusia harus memperbaiki kelakuannya serta memohon ampun atas dosa-dosanya,” pesan Bunda Maria.

Saksi Iman
Fatima, sebuah kota kecil di utara kota Lisbon, Portugal. Di kota ini, Bunda Maria menampakan diri kepada tiga anak gembala pada 1917. Mereka adalah Lucia dos Santos (10 tahun); Fransisco Marto (9 tahun); dan Jacinta Marto (7 tahun).

Lucia lahir di Aljustrel, Paroki Fatima, 30 Maret 1907. Ia bergabung menjadi Suster Ordo Karmelit Tak Berkasut dengan nama Suster Maria Lucia dari Hati Yang Tak Bernoda. Ia meninggal pada 13 Februari 2005.

Sementara Fransisco dan Jasinta Marto adalah kakak beradik. Fransisco lahir di Aljustrel, 11 Juni 1908. Sayang, ia meninggal dalam usia 10 tahun, 4 April 1919. Jacinta Marto lahir di Aljustrel, 11 Maret 1910. Selama hidup, ia kerap menderita karena sakit influenza akut hingga tutup usia pada 20 Februari 1920. Keduanya dimakamkan di Basilika Cova da Iria.

Mukjizat Peluru
Pada 13 Mei 1981, Paus Yohanes Paulus II dengan sebuah jip terbuka menyapa para peziarah di Lapangan St Petrus Vatikan. Tiba-tiba terdengar bunyi tembakan. Tak dinyana, Paus yang menjadi sasaran tembakan itu. Ia ditembak tepat di dada. Sang penembak, Mehmet Ali Ağca, seorang ekstremis Turki.

Paus kemudian dilarikan ke Rumah Sakit Gemelli di Roma dan menjalani operasi. Dalam perjuangan itu, ia terus mengulangi kata-kata, “Maria, Ibuku.” Tak lama berselang, Paus mengunjungi Mehmet di penjara. Mehmet bertanya, “Kenapa Anda tidak meninggal?” Paus menjawab, “Saya percaya ada satu tangan yang menyelematkan hidup saya, yaitu Bunda Maria Fatima.” Butir peluru yang menembus dada St Yohanes Paulus II, kini disimpan di mahkota Bunda Maria Fatima di Portugal.

Paus ke Fatima
Setelah peristiwa penembakan itu, Paus Yohanes Paulus II pergi ke Fatima, 13 Mei 1982. Kehadirannya sebagai ucapan terima kasih atas perlindungan Bunda Maria. Pada Mei 1991, ia berkunjung ke Fatima. Pertengahan Mei 2000, ia kembali ke Fatima dan membeatifikasi Fransisco Marto dan Jacinta Marto. Paus Paulus VI juga pernah berkunjung ke Fatima, 13 Mei 1967. Kehadirannya dalam rangka peringatan 50 tahun penampakan Bunda Maria Fatima. Paus Benediktus XVI melawat ke Fatima pada 12 Mei 2010.

Kanonisasi
Jelang peringatan 100 tahun penampakan Maria di Fatima, Paus Fransiskus akan mengunjungi Fatima pada 12-13 Mei mendatang. Bapa Suci Fransiskus telah resmi mengakui mukjizat yang dikaitkan dengan perantaraan dua anak gembala di Fatima: Fransisco dan Jacinta Marto. Kanonisasi bagi keduanya telah diumumkan Kongregasi Penggelaran Kudus pada 20 April 2017. Sementara, proses beatifikasi Lucia dos Santos sedang diperiksa oleh Kongregasi Penggelaran Kudus.

Yusti H. Wuarmanuk

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 19 Tanggal 7 Mei 2017

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*