Artikel Terbaru

Yuk Lihat ‘Kebun’nya KAJ untuk mencetak Para Gembalanya

Para frater sedang bekerja di kebun.
[HIDUP/ Karina Chrisyantia]
Yuk Lihat ‘Kebun’nya KAJ untuk mencetak Para Gembalanya
5 (100%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Mulai 1 Agustus mendatang, Wisma Puruhita akan genap berusia 30 tahun. Wisma yang didirikan oleh Romo Alexander Dirdjosusanto SJ ini merupakan rumah persemaian Tahun Orientasi Rohani para frater calon imam Keuskupan Agung Jakarta. Tahun ini, ada enam frater yang menempa diri di Puruhita. Mereka dibimbing oleh Romo Markus Yumartana SJ, pimpinan Puruhita tiga tahun terakhir. “Ya, kami ditugaskan untuk menemani para frater berproses di sini, untuk membantu mereka mengembangkan karakter yang baik. Kelak, mereka siap menjadi imam diosesan yang digambarkan sebagai gembala baik dan murah hati, lalu bersemangat ‘HAMBA’: Hangat, Andal, Misoner Bahagia dan Adil,” kata Romo Yumartana.

Semangat “HAMBA” ini, lanjut Romo Yumartana, mau ditanamkan dalam diri para calon imam KAJ dalam menanggapi pastoral ke depan. KAJ yang plural dan penuh tantangan ini perlu ditemani oleh imam-imam yang handal pula.

Pembinaan di Puruhita berfokus pada memberikan dasar-dasar rohani dan karakter yang kuat. Hal itu terwujud dalam kegiatan mulai dari berdoa dengan kitab suci, merenungkan sabda Tuhan dan pelbagai latihan rohani. Melalui itu, para frater siap menjadi pemimpin yang berani mengambil keputusan, dibarengi dengan semangat melayani.

Selain itu, para frater juga melakukan aktivitas lain, seperti berkebun dan memelihara ayam. Ada belasan ayam dan kalkun di Puruhita. Dua jenis unggas ini hidup berbaur tanpa cekcok. Di belakang wisma, ada kebun yang dipenuhi berbagai sayuran dan ubi-ubian. “Ada tiga hal yang saya ajarkan, yakni leadership (kepemimpinan), servanthood (pelayanan) dan stewardship (kepedulian untuk memelihara).

Karina Chrisyantia/Edward Wirawan

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*