Artikel Terbaru

Perayaan Syukur 90 Tahun Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran

Gunungan hasil bumi yang akan diperebutkan.
[M. Krismi]
Perayaan Syukur 90 Tahun Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Ada begitu banyak cara orang mengungkapkan puji dan syukur kepada Tuhan. 90 tahun yang lalu, Schmutzer memulai pembangunan Candi Hati Kudus Yesus di Ganjuran. Warga umat paroki Ganjuran dan ribuan umat Katolik di luar gereja HKTY dan umat dari luar KAS berbondong-bondong datang menyaksikan Prosesi Agung di halaman Candi Gereja Hati Kudus TuhanYesus (HKTY) Ganjuran, Yogyakarta (2/7).

Prosesi Agung Sakramen Mahakudus ini, merupakan misa inkulturasi antara budaya Kristiani dan Jawa dipimpin oleh romo FX. Sukendar (Vikjen KAS) sebagai selebran utama didampingi oleh romo E. Azismardopo SJ, G. Notobudyo Pr, CB Kusumaryanto SCJ, Purwanto SCJ, Sigit Pranoto SCJ, Paulus Driyan SCJ Yohanis R. Yempormase CSA T. Wigyosoemarto MSC; Paolocio Guido SX, Yohanes Susilohadi Pr, Yoseph Padang, St. Sutopamitro Pr, Hunt Flour, Thumber OCD.

Acara ini merupakan salah satu agenda tahunan yang diselenggarakan oleh umat dan warga di Wilayah gerejani di Kecamatan Bambanglipuro, Ganjuran, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta. Adapun kegiatan ritual budaya, salah satu kearifan lokal masyarakat setempat diselenggarakan setiap tahun dalam Minggu terakhir bulan Juni.

Romo Herman Yoseph Singgih Sutoro Pr sebagai romo paroki mengatakan bahwa setelah 90 tahun lalu Schmutzer memulai pembangunan Candi Hati Kudus Tuhan Yesus Ganjuran ini, kita diingatkan kembali untuk senantia sabersyukur. Bersyukur atas segala berkat yang Tuhan limpahkan kepadakita. Syukur ini kita ungkapkan bersama dalam Ekaristi dan doa.

Persembahan syukur kita, tentu tidak berhenti di Candi Ganjuran ini, kita diutus untuk bersemangat berbuat baik, berbagi berkat kepada sesama yang mebutuhkan, berbelas kasih kepada yang menderita, mengayomi mereka yang lemah dan tersingkir.

Prosesi 90 tahunini, Romo FX. Sukendar juga memberkati kawasan Candi Hati Kudus Yesus dan para devosan senusantara, penanaman pohon Bodhi sebagai penanda terbentuknya Paguyuban Devosan Hati Kudus Tuhan Yesus Se-nusantara.

Romo Herman, menyambut prosesi tahun ini ada berbagai rangkaian acara pesta prosesi sebagai puncak syukur 90 tahun Candi Hati Kudus TuhanYesus di antaranya temu Devosan Hati Kudus Se-nusantara, konser malam persembahan kepada Sang Pencipta, Pestarakyat (rebut berkah yang ada di gunungan), dan gelar budaya dari berbagai komunitas dan paroki lain yang ada di Bantul.

(M. Krismi)

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*