Artikel Terbaru

Berminat untuk Mempelajari Islam Secara Akademik?

Konferensi Internasional dan Rapat ASAKKIA di Nusa Dua, Bali.
[Dok. ASAKKIA]
Berminat untuk Mempelajari Islam Secara Akademik?
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Ajaran Islam tak hanya diminati para penganutnya. Buktinya, di sebelah timur Indonesia, terbentuk sebuah forum Kristiani pengkaji Islam. Forum itu bernama Asosiasi Sarjana Kristiani untuk Kajian Islam Indonesia (ASAKKIA).

Forum ini lahir di Kupang, Nusa Tenggara Timur, pada 11 Desember 2013. Saat itu ada 12 pastor dan pendeta dari berbagai denominasi, yang membidani dan mensahkan lahirnya forum itu. Mereka datang dari Jakarta, Yogyakarta, Makassar, Papua, dan Kupang. Latar belakang pendidikan para pastor dan pendeta di forum itu memang unik. Mereka mempelajari dan bergumul dengan isu-isu Islam akademis, selain pendidikan teologi Katolik dan Kristen yang sudah didapat.

ASAKKIA ingin menjadi forum kajian Islam Indonesia, untuk membangun relasi dan dialog antarumat Kristiani dan Muslim di negara ini. Sasaran ASSAKIA adalah sebagai wadah para sarjana Kristiani untuk mengaktualisasikan diri lewat studi dan kajian Islam sebagai pengajar, peneliti, dan pengabdi masyarakat. Saat ini ASAKKIA dinahkodai Pendeta Fredrik Y.A. Doeka; Wakil Ketua Romo Heru Prakosa SJ; Sekretaris Pastor Bertolomeus Bolong OCD; Wakil Sekretaris Romo Greg. Soetomo SJ; dan Bendahara Pendeta Ruth Wangkai. Sejak terbentuk, ada beberapa kegiatan yang diadakan ASAKKIA, misal diskusi tentang Ekonomi Shari’a dan Implikasinya bagi Kesejahteraan Masyarakat Indonesia, serta Sekolah Perdamaian. Saat ini, anggota ASAKKIA berjumlah 30 orang.

Yanuari Marwanto

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*