Artikel Terbaru

Cara Agar ART Betah Tinggal dan Bekerja

Cara Agar ART Betah Tinggal dan Bekerja
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Pengasuh terkasih, saya sudah beberapa kali gonta-ganti asisten rumah tangga (ART). Alasan mereka keluar beragam, mulai dari mengurus orangtua di kampung, hingga menikah. Tak lama lagi akan Lebaran, sempat tebersit kekhawatiran, apakah ART kami akan balik ke rumah kami, atau tinggal di kampungnya, atau malah mencari pekerjaan lain. Bagaimana cara agar ART betah tinggal dan bekerja di rumah kami?

Marchella Anggraini, Bekasi

Ibu Marchella, hubungan kepegawaian yang langgeng selalu dilandasi sikap saling membutuhkan, adanya hubungan yang menyenangkan, serta saling percaya. Ini berlaku juga untuk hubungan pekerja domestik dan majikannya.

Agar ART betah tinggal dan bekerja di rumah kita, perlu diciptakan suasana seperti itu. Misal, tugas-tugas diberikan secara jelas, sesuai dengan kapasitasnya, dan tidak berlebihan jumlahnya. Selain itu, mereka mendapat gaji yang memadai, kesempatan istirahat yang cukup, makan secukupnya, dan tempat istirahat memadai, ada waktu bebas atau libur, serta perlakuan yang wajar.

Hal-hal ini memang tidak bisa diwujudkan dalam sesaat. Namun, hal-hal ini tetap bisa diupayakan, atau setidaknya mulai dirajut sejak sekarang, serta didiskusikan atau disampaikan kepada ART Ibu, untuk menunjukkan niat baik dari sisi majikan. Sebelumnya, Ibu juga bisa menanyakan bagaimana pandangan dan perasaannya setelah bekerja di tempat Ibu.

Informasi itu bisa dijadikan masukan untuk upaya perbaikan hubungan kerja selanjutnya. Ibu juga bisa menawarkan retention bonus, bonus yang jumlahnya cukup bermakna baginya, dan akan diberikan jika dia kembali bekerja di tempat Ibu setelah mudik.

Selain itu, Ibu bisa menawarkan kesempatan peningkatan diri, misalnya kalau belum bisa memasak, Ibu dapat mengajarinya memasak, atau dikursuskan memasak atau menjahit; kalau belum lancar membaca, menulis, atau berhitung, Ibu juga bisa mengajarinya, atau bahkan mengikutsertakannya ujian persamaan untuk paket B atau C.

Pada umumnya, ART berasal dari keluarga dengan kondisi ekonomi yang kurang memadai. Maka, kenaikan gaji tahunan juga umumnya memberikan daya tarik bagi mereka. Ibu mungkin bisa mempertimbangkan jumlah kenaikan yang minimal sama dengan laju inflasi di Bekasi.

Saya tidak membaca ada situasi lain yang perlu dipertimbangkan dari isi surat Ibu. Jadi pada akhirnya, semua akan kembali pada apa yang saya kemukakan di awal. Jika ada hubungan saling menguntungkan, dengan restu dan rahmat Tuhan, semoga ART Ibu akan betah bekerja di rumah Ibu dan tetap kembali setelah libur Lebaran nanti. Tuhan memberkati.

Agustina Hendriati

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*