Artikel Terbaru

Lansia Butuh Rekreasi

F.H. Djoko Kirmanto
[HIDUP/Stefanus P. Elu]
Lansia Butuh Rekreasi
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Ketua Paguyuban Lansia Keuskupan Agung Jakarta (KAJ) F.H. Djoko Kirmanto mengatakan, sejak dua tahun terakhir, kegiatan-kegiatan umat lanjut usia di tingkat keuskupan mulai dihidupkan. Ketika terpilih satu tahun yang lalu, Djoko berniat menggalang kegiatan umat lanjut usia yang bisa melibatkan semua paroki di KAJ. Kegiatan pertama yang ia gagas bersama rekan-rekan pengurus adalah Lomba Paduan Suara Lansia KAJ. Lomba paduan suara ini dimulai dari tingkat dekanat. Pada tahun pertama, 2014, lomba paduan suara ini dimenangkan Paguyuban Lansia Paroki Tebet. Sementara tahun ini, Paguyuban Lansia Paroki Cilandak yang juara pertama.

Selain itu, pria yang lahir 68 tahun silam ini, juga menggagas rekreasi umat lanjut usia tingkat keuskupan. Juni 2014, kegiatan rekreasi diadakan di Taman Safari Bogor, Jawa Barat. Lebih dari 3000 umat lanjut usia dari berbagai paroki di KAJ mengikuti kegiatan ini. “Kami menyediakan bus kapasitas 50 orang dan mereka berangkat dari paroki masing-masing,” kata mantan Ketua Paguyuban Lansia Dekanat Bekasi ini.

Dari pengalaman ini, Djoko menangkap bahwa semangat untuk bersama di antara para umat lanjut usia sangat besar. “Hanya butuh inisiator yang menggerakan mereka. Termasuk orang yang menggerakkan mereka pun harus melakukannya dengan tulus hati. Kalau kita mengajak umat lanjut usia ini dengan hati, mereka pasti mau terlibat dalam kegiatan-kegiatan, baik di tingkat paroki, dekanat, maupun keuskupan,” ujar Djoko.

Ia melanjutkan, yang paling penting adalah memahami bahwa umat lanjut usia itu membutuhkan kegiatan yang menggembirakan. Rencananya, tepat pada peringatan Hari Kesehatan Nasional, November 2015 nanti, Djoko akan mengadakan kegiatan kebersamaan bagi umat lanjut usia di Kebun Wisata Pasir Mukti, Bogor, Jawa Barat.

Stefanus P. Elu

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*