Artikel Terbaru

Si “Muka Merah” yang Hangat

Yohannes Herman Joseph Luntungan MSC.
[Dok. Pribadi]
Si “Muka Merah” yang Hangat
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Banyak orang mengenal Mgr Rolly sebagai pribadi yang hangat. Tak banyak berbicara, tapi ia banyak bertindak.

Pastor Yohannes Herman Joseph Luntungan MSC, Provinsial MSC Indonesia
“MGR Rolly Untu MSC adalah sosok yang sederhana, tidak wah dan bombastis. Pribadi yang siap mendengarkan dan memberikan jalan keluar dengan tidak tergesa-gesa. Dia mengambil keputusan dengan mempertimbangkan banyak masukan dan usulan. Harapan saya, sesuai dengan moto episkopal Mgr Rolly, “In Lumine Tuo, Videmus Lumen”, semoga pelayanan dan pengabdian Mgr Rolly memancarkan cahaya Tuhan, terutama bagi umat Keuskupan Manado.”

Br Marianus Manuk BTD, Ketua Yayasan Manuel Runtu
“Saya kenal Mgr Rolly sebagai pribadi yang sangat sederhana. Ia bisa dekat dengan siapa saja. Dibalik figurnya yang pendiam, sebenarnya Mgr Rolly adalah orang yang humoris. Dia juga tak ingin menyakiti siapa pun dalam mengambil setiap keputusan. Dia seorang imam yang matang dalam berpikir dan lama saat memutuskan sesuatu. Semoga Mgr Rolly terus menghidupkan spiritualitas hati sebagai bagian dari pastoral di Keuskupan Manado. Dengan begitu, umat bisa diantar untuk lebih mencintai Hati Kudus Yesus.”

Sr Gerarda Untu DSY, Adik Mgr Rolly Untu MSC
“Saya tak punya banyak pengalaman dengan Mgr Rolly, sebab dia banyak menghabiskan waktu di seminari dan hanya bertemu ketika pulang libur. Tetapi Mgr Rolly adalah kakak yang disiplin dan tidak banyak berbicara. Dia figur yang pendiam, tapi banyak orang tahu jika dia marah wajahnya memerah. Biasanya ketika kami berkumpul, Mgr Rolly lebih banyak menjadi pendengar setia. Pun kalau berbicara, sebatas penegasan dari kesepakatan. Semoga Mgr Rolly bisa menjadi gembala yang merangkul semua umat.”

Pastor Berti Tijow MSC, Kepala Biara MSC Pal 3 Karambosan
“Saya mengenal Mgr Rolly ketika baru kembali dari studi di Leuven. Sebagai seorang Skolastikat muda, saya mengenalnya sebagai pribadi yang tenang dan ramah. Dengan karakter yang tenang, Mgr Rolly jarang marah. Waktu Mgr Rolly menjadi Provinsial MSC Indonesia, saya menjadi anggota Dewan Pimpinan Harian. Saat itu, dia menjadi pemimpin yang suka mendengarkan, mau berbagi tugas dan tanggung jawab, penuh pertimbangan, serta hati-hati mengambil keputusan. Sebagai konfrater MSC, saya berharap, Mgr Rolly tetap menjadi persembahan terbaik MSC bagi Keuskupan Manado, tetap menandai komitmen pemberian diri MSC bagi Gereja Lokal Keuskupan Manado.”

Pastor Paul Tan, Imam Keuskupan Manokwari-Sorong, rekan studi di Leuven
“Suatu hari, ketika sama-sama di Belgia, Mgr Rolly mendapat tugas memasak. Dia membuat nasi goreng yang lezat sekali. Banyak orang yang suka masakannya. Dari situ, saya mulai dekat dengan dia, pertama-tama bukan karena nasi goreng, tetapi pribadinya yang ramah dan pendiam. Ia selalu mau membantu siapa pun yang meminta pertolongan. Sebagai mahasiswa, bila kiriman uang terlambat, saya sering pinjam uang kepada dia. Dia pun ikhlas membantu. Saya berharap, dia lebih berani mengambil keputusan serta fokus pada karya, karena pasti Tuhan akan menyempurnakan.”

Pastor Damianus Pongoh, Ketua UNIO Keuskupan Manado
“Saya pernah menjadi asisten Mgr Rolly saat menjadi dosen teologi dogmatik. Dia memberikan kuliah dengan sangat runut, sistematis, dan tak terburu-buru. Mungkin karena mengajar teologi dogmatik sehingga mesti hati-hati sekali. Dia memang tak banyak berbicara. Dia lebih banyak mendengar, tetapi banyak ide yang keluar dari pikirannya. Sebagai Uskup Manado, saya berharap, Mgr Rolly menjadi bagian dari imam diosesan dan bekerja sama dengan para imam diosesan.”

Pastor Jhon Montolalu, Sekretaris Keuskupan Manado
“Salah satu tantangan pastoral di Keuskupan Manado adalah pendidikan iman, karena akhir-akhir ini banyak keluarga yang mulai mengabaikan hal ini. Pendidikan iman harus menjadi prioritas pastoral di Keuskupan Manado. Semoga Mgr Rolly bisa menangkap kebutuhan iman umat akhir-akhir ini sehingga pendidikan iman dalam keluarga, sekolah, Gereja, dan masyarakat dapat terbentuk kembali.”

Edwin Silangen, Ketua Umum Penahbisan Uskup Manado
“Penahbisan Mgr Rolly sebagai Uskup Mando menjadi gawai akbar, tak hanya untuk umat Keuskupan Manado, tetapi juga bagi Gereja Indonesia, bahkan seluruh dunia. Panitia sudah mempersiapkan acara ini dan harapannya semoga umat terlibat mempersiapkan acara ini sehingga Mgr Rolly bisa menjalankan tugas dengan baik. Semoga iman umat Manado semakin teguh.”

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*