Artikel Terbaru

Mengapa Yesus Mengajarkan Tentang Allah Tritunggal Mahakudus Kepada Kita?

Mengapa Yesus Mengajarkan Tentang Allah Tritunggal Mahakudus Kepada Kita?
3 (60%) 2 votes

HIDUPKATOLIK.com – Mengapa kepada murid-murid-Nya, Yesus mengajarkan tentang Allah Tritunggal, bahwa ada satu Allah dengan tiga pribadi? Apakah alasan kuat yang mengharuskan Yesus mewahyukan ajaran tentang Allah Tritunggal Mahakudus?

Petrus Patut, Malang

Pertama, pertanyaan ini diarahkan kepada alasan-alasan tindakan Yesus dalam membukakan ajaran tentang Allah Tritunggal. Karena Yesus sendiri tidak pernah secara eksplisit mengungkapkan alasan-alasan itu, maka kita hanya bisa mengira-ngira tentang alasan-alasan yang paling pantas menjadi pendorong tindakan Yesus yang membuka misteri Allah Tritunggal Mahakudus. Penalaran yang demikian disebut sebagi argumentasi kepantasan.

Kedua, kasih Yesus yang mengangkat kita menjadi sahabat-Nya, mendorong Yesus memperkenalkan kehidupan pribadi Allah Tritunggal. Bukankah para hamba tidak tahu apa yang dilakukan oleh tuannya dan tidak mengenal kehidupan pribadi tuannya (Yoh 15:14-15), tetapi para sahabat mengetahuinya.

Ketiga, karena kita diangkat menjadi saudara-saudara Yesus (Mat 4: 45.48; Yoh 20:17), Yesus ingin agar kita juga mengenal siapa diri-Nya dan siapa Bapa-Nya, serta bagaimana kehidupan dan relasi intern antara Bapa dan Putra, yang disatukan oleh Roh Kudus. Maka, Yesus memberikan kesaksian tentang diri-Nya sendiri (Yoh 5: 19-47; 7: 16-26) dan secara langsung hal ini membukakan kehidupan pribadi Allah Tritunggal.

Keempat, untuk mengerti lika-liku karya keselamatan (istilah teologisnya: ekonomi keselamatan), dibutuhkan pengetahuan iman tentang Allah Tritunggal Mahakudus, misalnya misteri inkarnasi, pengajaran Yesus tentang Kerajaan Allah dan mukjizat-mukjizat-Nya, sengsara, wafat, kebangkitan dan kenaikan-Nya ke surga. Ajaran tentang Allah Tritunggal terletak pada pusat dari misteri-misteri itu. Adalah Allah Bapa yang mengutus Putra-Nya untuk menjelma menjadi manusia. Allah Putra, karena ketaatan-Nya kepada Bapa, tidak mempertahankan keallahan-Nya dan menjadi manusia sama seperti kita dalam segala hal, kecuali dalam hal dosa.

Allah Bapa diwahyukan oleh Putra. Sedangkan Allah Roh Kudus yang menggerakkan hati manusia dan menyadarkan manusia akan dosa dan akan ajaran-ajaran Yesus. Maka, bisa dikatakan bahwa inti iman kita adalah Allah Tritunggal (KGK no.232). “Misteri Allah Tritunggal Mahakudus adalah rahasia sentral iman dan kehidupan Kristen. Itulah misteri kehidupan batin ilahi, dasar pokok segala misteri iman yang lain dan cahaya yang meneranginya. Itulah yang paling mendasar dan hakiki dalam hierarki kebenaran iman” (KGK no.234).

Maka, tanpa pewahyuan misteri Allah Tritunggal, identitas Yesus dan karya penyelamatan kita tidak bisa dimengerti. Karena itu, pewahyuan Misteri Allah Tritunggal bukanlah sebuah pilihan tetapi sebuah keharusan. Dengan mengenali Allah Tritunggal, manusia juga bisa bekerja sama lebih erat dengan pribadi-pribadi Allah Tritunggal dalam karya masing-masing Pribadi.

Kelima, pewahyuan misteri Allah Tritunggal juga membuka pengertian kita tentang Allah bahwa kehidupan Allah bukanlah kehidupan soliter (sendirian) tetapi adalah kehidupan kebersamaan (komuniter). Kesempurnaan yang dimiliki Allah bukanlah hidup sendirian tetapi hidup bersama dalam persekutuan. Demikian pula tujuan akhir hidup kita ialah hidup dalam persekutuan bersama Allah Tritunggal Mahakudus. Persekutuan bukanlah suatu anugerah yang sudah jadi, tetapi suatu misi yang harus diperjuangkan dengan meniru model Allah Tritunggal Mahakudus.

Pengakuan iman tentang satu Allah dan tiga pribadi mempertahankan keesaan Allah sebagai asal dan tujuan dari segala ciptaan. Segala sesuatu berasal dari satu Allah dan akhirnya juga kembali kepada Allah yang Esa. Keberadaan tiga pribadi juga memberikan dasar yang kuat untuk persekutuan Gereja. Maka, misteri Allah Tritunggal sungguh-sungguh menjadi inti iman dan batu penjuru untuk mengerti karya keselamatan kita.

Petrus Maria Handoko CM

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*