Artikel Terbaru

Mimpi Pastoral Umat Berkebutuhan Khusus

[google image]
Mimpi Pastoral Umat Berkebutuhan Khusus
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.com – Minggu 12 Juni lalu, di Lapangan St Petrus Vatikan diadakan Misa Orang Sakit dan Kaum Difabel sebagai puncak perayaan Yubileum bagi orang sakit dan kaum difabel dalam rangka Tahun Suci Kerahiman Allah. Saat itu, Paus Fransiskus mengajak Gereja untuk kembali komit melayani Umat Berkebutuhan Khusus (UBK).

Pesan Paus ini mengingatkan kita akan Ajaran Gereja yang sejak awal memberi perhatian kepada UBK. “Orang sakit dan cacat harus dibantu supaya sedapat mungkin dapat hidup secara normal (KGK Art. 2276)”. Diperkuat pula dengan anjuran kepada keluarga supaya memperhatikan orang muda, tua, sakit, cacat, dan miskin. Apabila ada keluarga yang tidak mampu memberi pertolongan ini, Gereja menyarankan agar orang, keluarga lain, atau masyarakat memberikan bantuan (KGK Art. 2208).

Dalam kegiatan katekese, juga ditegaskan bahwa pengajaran kateketik, sebaiknya diberikan pula kepada mereka yang menyandang cacat fisik atau mental, sejauh keadaan mereka mengizinkannya (KHK kan 777 § 4). Selain mengingatkan, pesan Paus ini tentu membawa angin segar dan dukungan kepada para pekerja pendamping UBK dalam karya sosial maupun di Sekolah-sekolah Luar Biasa (SLB) milik Gereja yang sudah lama berdiri. Juga meneguhkan langkah beberapa paroki yang telah melayani UBK dalam bidang katekese, penyediaan fasilitas bagi UBK di gereja, maupun paroki yang telah mengadakan Misa khusus UBK secara rutin.

Pelayanan kepada para UBK yang beragam kekhususannya ini, tentu tidak mudah dilaksanakan. Butuh usaha, juga keterlibatan semua pihak agar karya yang sesuai pesan Yesus sendiri ini dapat lestari. “Apabila engkau mengadakan perjamuan, undanglah orang-orang miskin, cacat, lumpuh dan buta. Engkau akan berbahagia, karena mereka tidak mempunyai apa-apa untuk membalasnya. Sebab engkau akan mendapat balasan pada hari kebangkitan orang-orang benar” (Luk 14: 13).

Redaksi

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*