Artikel Terbaru

Kelakuan Buruk Adik

Kelakuan Buruk Adik
1 (20%) 1 vote

Bila yang terakhir benar, yang penting adalah Anda dan keluarga berusaha untuk mencari apa yang menyebabkan sikapnya negatif. Ada kemungkinan ia menyimpan kekecewaan atau dendam terhadap para anggota keluarga. Akibatnya, setiap berada di lingkungan keluarga, suasana hatinya selalu terusik oleh kekecewaan atau dendam tersebut. Hal ini harus diselesaikan melalui pembicaraan yang saling terbuka dengan seluruh anggota keluarga yang terlibat. Dengan penyelesaian itu, semoga sikap negatifnya akan bisa berubah menjadi positif.

Bisa juga hal ini terjadi karena kepribadiannya yang sulit menjaga kualitas relasi dengan orang lain. Orang semacam ini biasanya akan mudah menjalin hubungan dengan orang lain dan cukup cepat menjadi akrab. Tapi sebaliknya, hubungan itu juga dengan relatif cepat menjadi konflik. Dengan kata lain, ia mudah menjalin relasi dengan orang lain, tapi tidak bisa memelihara atau menjaga relasi baik yang sudah terjalin.

Bentuk kepribadian semacam ini biasanya disertai tanda-tanda lain, seperti kurang bisa bertanggung jawab, sehingga juga agak mudah mengingkari janji. Selain itu, tanda yang lain dari kepribadian jenis ini adalah kurang mau peduli terhadap norma-norma yang berlaku di masyarakat, sehingga mudah melakukan pelanggaran terhadap peraturan atau norma sosial. Atau disertai gejala yang lain, seperti kurang mau peduli terhadap perasaan orang lain.

Bila tanda-tanda tambahan seperti tersebut di atas juga ditemui, berarti sang adik butuh bantuan konseling atau terapi untuk mengubah kepribadiannya. Semoga jawaban ini memberi pencerahan agar bisa membuat sang adik berperilaku lebih positif terhadap keluarga; dan kondisi keluarga bisa lebih harmonis. Berkah Dalem.

Drs George Hardjanta MSi

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*