Artikel Terbaru

Anastasia Yuria Ekalitani: Pemulih Trauma Korban Bencana

Anastasia Yuria Ekalitani: Pemulih Trauma Korban Bencana
1 (20%) 1 vote

Menurut Uwie, ada beberapa tahap agar seseorang bisa keluar dari trauma. Tahapan pertama, orang tersebut harus diajak menyadari peristiwa yang membuat ia trauma. Lantas mengajak mereka menerima, mengampuni, serta lepas dari trauma itu. Setelah itu, mereka mesti dilecut agar memiliki daya lenting atau mampu menghadapi trauma, bahkan diajak membantu sesama yang membutuhkan. “Ada banyak metode pemulihan trauma. Yang terpenting adalah membuat seseorang tidak mudah rapuh, tetapi membangkit semangat dan membuat orang tersebut melesat meninggalkan traumanya.”

Metode pemulihan
Sang suami, Agustinus Fajar Wahyu Pribadi, yang berprofesi sebagai dokter sangat mendukung kegiatan Uwie. Fajar kerap menemani Uwie pergi ke daerah-daerah konflik dan yang sedang dilanda bencana. Kini, bersama sang suami pula, Uwie sedang mengembangkan metode-metode pemulihan trauma dengan menggabungkan aneka teori dan metode. Mereka berupaya agar proses pemulihan trauma para korban konflik dan bencana sesuai dengan budaya dan kearifan lokal masyarakat Indonesia. Karena dalam masyarakat Indonesia ada beragam kearifan lokal yang bisa dimanfaatkan sebagai metode pemulihan trauma.

Tak hanya itu, Uwie juga mengelola Misericordia Child & Family Development Center. Ini merupakan lembaga layanan psikologi pemulihan trauma, serta melayani beberapa pelatihan. Melalui lembaga ini, Uwie juga memberikan beasiswa dan terapi murah serta gratis bagi anak-anak berkebutuhan khusus yang tidak mampu secara ekonomi.

Bagi sulung dari empat bersaudara ini, berkarya memulihkan trauma korban bencana dan konflik merupakan perutusan hidupnya. “Semoga saya bisa terus menjadi ‘pena’ untuk selalu menuliskan apa yang dikehendaki-Nya,” ujar umat Paroki St Athanasius Agung Karangpanas, Semarang ini.

Anastasia Yuria Ekalitani
TTL : Palembang, Sumatera Selatan, 17 Juni 1981
Suami : Agustinus Fajar Wahyu Pribadi
Anak : Rafael Nareswara Rifaputra Sentosa

Pendidikan:
• Fakultas Psikologi Universitas Katolik Soegijapranata Semarang
• Master of Art in Peace Study Universitas Kristen Duta Wacana Yogyakarta
• Magister Profesi Psikolog Universitas Katolik Soegijapranata Semarang

Pekerjaan:
• Pekerja sosial di Forum Kemanusiaan dan Persaudaraan Indonesia (FKPI) Solo
• Pemilik Misericordia Child & Family Development Center

Ivonne Suryanto

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*