Artikel Terbaru

Dari “Romo-romoan” Menjadi Uskup

Romo Pidyarto bersama keluarga.
[NN/Dok.Pribadi]
Dari “Romo-romoan” Menjadi Uskup
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.comPada masa kanak-kanak ia gemar bermain “romo-romoan”. Siapa sangka, benih panggilan terus bersemi dan bertumbuh di hati. Kini ia adalah Uskup Malang.

Berita penunjukan Romo Henricus Pidyarto Gunawan OCarm sebagai Uskup Malang tak pernah diduga oleh keluarganya. Pun oleh sang ibu, Maria Magdalena Sri Wahyuni. Romo Pid, sapaannya di tengah keluarga, menghubungi telepon genggam sang ibu dan memberitahukan perihal penunjukannya sebagai Uskup Malang. Saat itu, sang ibu tengah berada di rumah kakak sulung Romo Pid, di Jakarta.

Awalnya kakak sulung Romo Pid yang mengangkat telepon genggam sang ibu. Kemudian telepon itu diberikan kepada ibunya. “Dia menjadi Uskup, itu saya ndak terpikirkan. Kok bisa ya? Ya, ini Tuhan yang menghendaki,” ungkap perempuan kelahiran Surabaya, Jawa Timur, 6 Juni 1928 ini.

Menurut Maria, penunjukan sang putra merupakan anugerah dan kehendak Tuhan yang melebihi harapan yang ia bentang. Ia bersyukur dua putranya menjadi imam, Romo Pid dan kakaknya, (alm) Romo Antonius Gunawan OCarm. “Kalau saya berdoa, juga kalau tiap Minggu ke gereja, saya hanya mohon supaya dua anakku ini jangan sampai keluar dari biara,” ungkap Maria. Ia tak menduga Romo Pid justru menjadi gembala utama di Keuskupan
Malang.

Romo-romoan
Romo Pid lahir sebagai anak kelima dari tujuh bersaudara. Usianya hanya terpaut satu setengah tahun dengan sang kakak, (alm) Romo Anton Gunawan. Ketika masa kanak-kanak, keduanya gemar bermain romo-romoan. Mereka menyulap sebuah meja kecil menjadi altar. Kemudian mereka berlagak menjadi imam yang tengah memimpin perayaan Ekaristi di depan “altar”.

“Entah kenapa mereka itu sering main romo-romoan. Hostinya itu dari kue dolar, piala dari tempat puding, meja kecil pakai serbet meja, dan jubah pakai handuk putih,” kisah Yulia Krisnawati Gunawan, adik bungsu Romo Pid.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*