Artikel Terbaru

Tahbisan Imam

Tahbisan Imam
Mohon Beri Bintang

Tanda sakramental kelihatan yang digunakan ialah penumpangan tangan oleh Uskup dan doa tahbisan. Tanda penumpangan tangan sudah digunakan sejak zaman para rasul dan digunakan sebagai lambang penerusan kuasa dari Tuhan Yesus untuk orang-orang yang ikut ambil bagian dalam pelayanan Gereja. Ordinatio dinamakan juga pentahbisan (Lat consecratio), karena upacara itu terdiri dari pemilihan, pengudusan sekaligus pengangkatan yang dilakukan Kristus sendiri demi pelayanan dalam Gereja (KGK 1538).

Ketiga, dalam pentahbisan seorang Uskup, para Uskup yang hadir ikut serta menumpangkan tangan sebagai lambang penerimaan Uskup baru itu ke dalam “ordo episcoporum”. Dalam pentahbisan seorang imam, para imam yang hadir ikut serta menumpangkan tangan juga sebagai ungkapan menyambut imam baru itu ke dalam persaudaraan para imam (ordo presbyterorum). Hal ini menunjukkan bahwa sifat dan kodrat episkopat maupun presbyterat itu kolegial. Tentu saja, dalam pentahbisan seorang Uskup, para imam tidak menumpangkan tangan kepada uskup yang baru.

Apakah ketiga jenjang tahbisan (diakon, imam dan Uskup) itu bisa dikatakan sebagai Sakramen Imamat?Apakah tahbisan diakon juga memberikan meterai kekal?

Nikolaus Suroto, Malang

Sakramen tahbisan mempunyai tiga jenjang, yaitu tahbisan diakonat, imamat, dan episkopat. Diakon tidak ditahbiskan untuk imamat tetapi untuk pelayanan (bdk. LG 29; KGK 1569). Karena itu tahbisan diakon tidak bisa diterjemahkan sebagai Sakramen Imamat. Dalam tahbisan diakon, hanya Uskup yang menumpangkan tangan. Hal ini menyatakan bahwa diakon digabungkan dengan Uskupnya terutama dalam tugas-tugas pelayanan cinta persaudaraan.

Meskipun diakon tidak ditahbiskan untuk imamat, Sakramen Tahbisan diakon juga mengukir sebuah meterai kekal pada diakon. Meterai ini tidak bisa dihapus dan membuat mereka serupa dengan Kristus. Dengan meterai ini diakon mengambil bagian dalam perutusan dan rahmat Kristus, yang telah menjadi pelayan untuk semua orang (KGK 1570). Membantu pelayanan Uskup dan Imam adalah tugas utama dari para diakon.

Petrus Maria Handoko CM

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*