Artikel Terbaru

Reformasi Tak Henti

Reformasi Tak Henti
Mohon Beri Bintang

HIDUPKATOLIK.com – Sangat pentingnya pendidikan dalam hidup manusia dan besarnya pengaruh pendidikan terhadap perkembangan masyarakat, telah menjadi kesadaran para Bapa Konsili Vatikan II. Konsili ini menelurkan sebuah pernyataan tentang Pendidikan Kristen (Gravissimum Educationis, GE). Dokumen ini menegaskan, tugas penyelenggaraan pendidikan yang pertama dan utama terletak pada orangtua; tentu dengan bantuan masyarakat. Pun demikian menjadi tugas Gereja secara istimewa untuk memampukan semua orang meraih kepenuhan kehidupan melalui pendidikan (lih. GE art.3).

Di antara berbagai usaha pendidikan, penyelenggaraan sekolah mendapat tempat khusus. Hal ini menuntut persiapan yang seksama dan keterbukaan untuk membarui serta menyesuaikan diri dengan kondisi zaman. Secara khas, kehadiran Gereja dalam bidang ini nampak dengan penyelenggaraan sekolah Katolik. Para Bapa Konsili menganjurkan agar para gembala Gereja dan seluruh umat memiliki perhatian dan membantu sekolah Katolik untuk melaksanakan tugas mempersiapkan generasi muda demi pengabdian akan meluasnya Kerajaan Allah (GE art.9).

Namun tak dapat dipungkiri, banyak sekolah Katolik kini mengalami kesulitan; murid berkurang, kualitas pendidik merosot, kesulitan dana, dan dengan berat hati ditutup. Ada sebagian kecil juga yang bertahan, bahkan tergolong unggul di antara sekolah-sekolah lain. Kondisi ini menuntut redefinisi, evaluasi, dan reformasi secara internal. Urgen, usaha ekstra dirancang untuk melihat kembali kondisi sekolah-sekolah ini. Apalagi, dunia pendidikan pun mulai bergeser menjadi industri yang menempatkan profit sebagai tujuan utama.

Maka amat mendesak untuk membangun kerja sama di antara sekolah-sekolah Katolik. Dibutuhkan reformulasi kerja sama yang tepat guna, koordinasi yang makin erat, dan perhatian Gereja yang lebih serius dan konkret. Sesuai amanat Konsili, kerja sama ini bukanlah melulu mendukung agenda reformasi internal Gereja, tapi mempertahankan dan meningkatkan kehadiran Gereja yang murah hati pada zaman sekarang.

Redaksi

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 39 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 25 September 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*