Artikel Terbaru

Postulat Novisiat SYGL: Tunas Dehonian di Lereng Tanggamus

Para Novis dan Postulan St Yohanes Gisting Lampung.
[Dok. Andreas Anggit W.]
Postulat Novisiat SYGL: Tunas Dehonian di Lereng Tanggamus
1 (20%) 1 vote

HIDUPKATOLIK.comPostulat-Novisiat SCJ, St Yohanes Gisting adalah persemaian calon imam Hati Kudus Yesus. Dalam semangat kekeluargaan, mereka belajar dan melayani umat.

Di gazebo belakang gedung Postulat-Novisiat Kongregasi imam-imam Hati Kudus Yesus (SCJ), St Yohanes Gisting Lampung, tampak dua orang muda berbincang. Kedua orang itu, Fr Fernando Fetriardy SCJ dan Fr Ignasius Kukuh Darmajati SCJ. Keduanya sedang mendiskusikan isi Kitab Suci.

Rumah Postulat-Novisiat calon imam-imam Hati Kudus Yesus ini terletak di lereng gunung Tanggamus, setinggi kurang lebih 2000 meter di atas permukaan laut. Udara sejuk dari hutan Tanggamus senantiasa dinikmati para postulan dan novis yang menjalani masa formatio di tempat ini.

Postulat-Novisiat SCJ Provinsi Indonesia, awalnya didirikan para misionaris SCJ di Lahat, Sumatera Selatan, tahun 1957. Novisiat di Lahat ini hanya berlangsung tiga tahun saja. Salah satu alumni Postulat-Novisiat SCJ di Lahat ini adalah Mgr Andreas S. Henrisoesanta SCJ (Alm), uskup kedua Keuskupan Tanjungkarang.

Pada 1960, misionaris SCJ memindahkan Postulat-Novisiat ke Gisting, Lampung. Kala itu, para misionaris SCJ membeli sepetak lahan yang bersuasana sepi untuk dijadikan rumah pembinaan para calon Dehonian. Alasan pemindahan rumah formatio ini tidak ada dalam catatan. Namun, Romo Yohanes Rasul Susanto SCJ, Pimpinan Komunitas Postulat Novisiat Gisting, mengira bahwa alasan dipindahkannya rumah Postulat-Novisiat lantaran lahan yang ada di Lahat terlalu sempit untuk pembinaan.

Semakin Berkembang
Mulanya, jumlah para calon Dehonian terbilang sedikit. Hanya empat orang saja. Bahkan, rumah novisiat sempat kosong tak berpenghuni. Ini dimafhumi, karena umat belum terlalu mengenal SCJ.

Waktu kemudian mengubah segalanya. SCJ perlahan mulai dikenal dan mulai membuat jatuh hati orang muda Katolik. Jumlah postulan dan novis terus bertambah. “Dalam dua tahun belakangan ini jumlah postulan baru setiap angkatan lebih dari sepuluh orang,” kata Romo Yohanes Rasul Susanto SCJ, yang akrab disapa Romo Santo.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*