Artikel Terbaru

St Pedro Armengol OdeM: Bruder Mantan Bandit

St Pedro Armengol OdeM: Bruder Mantan Bandit
1 (20%) 1 vote

Menginjak remaja, bibit pembangkang kian tampak. Kelahiran tahun 1238 ini sering membantah dan membentak orangtua. Kemarahan sang ayah tak bisa terbendung kala minta Pedro masuk sekolah, tapi ditolak. Tanpa ampun, sang ayah memukulinya. Tindakan itu membuat Pedro minggat.

Pedro mulai hidup baru sebagai anak jalanan, bebas tanpa aturan dan tekanan. Hidup berdasarkan kesenangan dan nafsu. Ia bisa bergaul dengan siapapun dan bebas melakukan apapun. Model hidup demikian membuat iman Katolik ia lupakan. Melihat ulah putranya, Arnaldo hijrah ke Valencia bersama keluarga kerajaan pasca kemenangan Raja James I atas wilayah itu dari Bangsa Moor, yang beragama Islam.

Pedro lalu menjadi pelaku kriminal. Bersama teman-temannya, ia merampok dan membunuh. Ia terkenal sebagai preman bengis. Aksi-aksi brutal ini membuatnya menjadi buron kerajaan.

Awal Tobat
Tahun 1258, Raja James I resmi menjadikan Pedro buron, hidup atau mati. Aneka operasi penumpasan digelar, tapi nihil hasil. Suatu saat, Raja James I ingin bertemu Raja Perancis, Louis IX terkait pembagian wilayah Barcelona. Ia pun memerintahkan Panglima Arnaldo untuk mengawalnya karena harus melewati “Hutan Kematian” di Tarragona.

Mengetahui rombongan Raja James I akan melintas di wilayahnya, komplotan Pedro sudah bersiap merampoknya. Terjadilah pertarungan sengit antara pasukan kerajaan pimpinan Arnaldo dan komplotan bandit pimpinan Pedro. Tak seorangpun yang tahu anak-beranak, Arnaldo dan Pedro akan bertemu sebagai lawan di medan laga. Arnaldo tak menyangka, pimpinan bandit itu adalah putra kandungnya, sebab ia mengira Pedro telah meninggal kala keluarganya hijrah ke Valencia.

Dalam situasi genting, Pedro seperti dipenuhi Roh Kudus. Tiba-tiba ia mengenali ayahnya. Arnaldo pun terkejut melihat putranya memimpin komplotan bandit. Pedro langsung tersungkur dan menyerahkan diri. Berkat Arnaldo, Pedro terhindar dari hukuman berat. Ia diminta meminta maaf dan bertobat.

Misi Pembebasan
Sadar telah mempermalukan ayahnya, Pedro mengikuti semua permintaan sang ayah. Ia meminta maaf dan bertobat. Dalam pertobatannya, ia memutuskan masuk Biara Mercedario di Barcelona sebagai bruder. Ordo Mercedario adalah ordo pengemis, yang didirikan St Pedro Nolasco di Barcelona pada 1218. Misi utamanya menyelamatkan tawanan Kristen dari Bangsa Moor.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*