Artikel Terbaru

Muslim pun Menghormati Maria

Muslim pun Menghormati Maria
Mohon Beri Bintang

Memang benar bahwa dalam Alquran dikatakan Yesus dikandung oleh Maria sebagai perawan. Baik Yesus maupun Maria dipandang sebagai ”hamba-hamba yang dimuliakan” (21.26). Kisah yang sangat rinci tentang kabar sukacita dan tentang kelahiran Yesus ditemukan dalam Sura 3 dan 19 dari Alquran. Dikatakan bahwa Allah mengutus seorang Malaikat untuk mewartakan bahwa tak lama lagi Maria akan melahirkan seorang putra, meskipun dia tetap perawan. Beberapa kutipan Alquran jelas menyatakan hal itu:
 
(Ingatlah), . . . ketika Malaikat berkata: ”Hai Maryam, sesungguhnya Allah menggembirakan kamu dengan kelahiran seorang putera yang diciptakan dengan kalimat yang datang daripadaNya., namanya Al Masih ‘Isa putera Maryam, seorang terkemuka di dunia dan di akhirat dan salah seorang di antara orang-orang yang didekatkan kepada Allah.” (3.45).
 
Dan dia berbicara dengan manusia dalam buaian dan ketika sudah dewasa dan dia adalah seorang di antara orang-orang yang saleh. (3.46).
 
Maryam berkata: ”Ya Tuhanku, betapa mungkin aku mempunyai anak, padahal aku belum pernah disentuh oleh seorang manusia (laki-laki). Allah berfirman, Demikianlah Allah menciptakan apa yang dikehendaki-Nya; apabila Allah berkehendak menetapkan sesuatu, Allah hanya cukup berkata kepadanya: ‘Jadilah, lalu jadilah dia.” (3.47).
 
Umat Islam menjunjung tinggi Maryam. Dia adalah wanita yang paling terpandang di antara semua wanita yang ada di dunia (3.42), dilahirkan tanpa cela, tetap perawan, dan dianugerahi banyak hak istimewa, antara lain bahwa dia tidak dapat sesat (isyma). Oleh karena martabatnya ini, hidup Maria selalu disertai mukjizat.
 
Di antara empat wanita paling istimewa dalam Islam, Maryam adalah yang tertinggi, kemudian Aisyah (istri Firaun), Khadijah (istri pertama Muhammad) dan Fatima (Putri Muhammad). Banyak umat Islam yang mencintai Maryam, Ibu Nabi Isa.
 
Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*