Artikel Terbaru

Majalah Merasul Paroki Sathora: Menginspirasi Umat Lewat Majalah

Majalah Merasul Paroki Sathora: Menginspirasi Umat Lewat Majalah
1 (20%) 1 vote

Albert yang sudah dua periode menjabat sebagai Ketua Seksi Komunikasi Sosial (Komsos) Paroki Sathora tahu bahwa menjadi rasul berarti harus siap belajar. Pada 6-7 April 2013, sebelum Merasul lahir, ia dan kru serta beberapa OMK mengikuti pelatihan jurnalistik.

Pelatihan itu hanyalah awal, setiap kru Merasul senantiasa belajar mengembangkan diri dari waktu ke waktu. Pertemuan Rabu adalah momen di mana mereka belajar dan berbagi informasi. Para kru Merasul sadar mereka bukanlah ahli dalam bidang media. Karya mereka di Merasul adalah karya pewartaan yang diharapkan dapat menginspirasi pembaca. Karena itu, meski telah dimahkotai INMI Awards, kru Merasul mengakui bahwa mereka masih harus banyak belajar.

Kini mahkota INMI Awards justru semakin mendorong mereka untuk giat mempercantik Merasul. Tak hanya berbenah soal tulisan, mereka juga mempercantik tampilan dan konten. Harapannya, agar Merasul bisa semakin merasuk dalam relung hati pembaca. “Sebagai komunitas, kita belajar bersama, mengembangkan diri satu sama lain, untuk sebuah karya,” ujar Patrice.

Para krunya juga memiliki semangat dan inspirasi sendiri. Antonius Effendy misalnya, di Merasul ia menulis namanya sebagai Anton Burung Gereja. Katanya, nama ini diambil dari burung-burung Gereja yang terbang bebas di Katedral.

Ia menilai, menulis itu harus bebas tetapi dengan tetap berpijak pada visi Merasul. “Seperti burung gereja yang terbang bebas tetapi tetaplah burung gereja,” ujar pria yang juga menjabat sebagai Ketua Koperasi Saling Tolong Rakyat (Sathora) ini.

Untuk kemajuan media ini, para kru Merasul juga membuka diri terhadap saran dan kritik. Di halaman awal, ada rubrik Kontak Pembaca yang berisi masukan ataupun kritik dari pembaca dan saran itu akan mendapat tanggapan dari redaksi.

Supaya bisa dekat dengan pembaca, mereka juga menyesuaikan rubrik-rubriknya dengan kebutuhan umat. Berbagai rubrik tersaji mulai dari Sajian Utama, Konsultasi Keluarga, Kesaksian Iman, hingga Dongeng Anak. Beberapa rubrik diisi oleh penulis luar yang ahli dalam bidangnya. Ke depan Albert, Patrice dan Anton berharap Merasul bisa semakin bermanfaat dan menginspirasi umat, khususnya umat paroki Sathora.

Edward Wirawan

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 22 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 29 Mei 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*