Artikel Terbaru

Silsilah Yesus Kristus

Silsilah Yesus Kristus
1 (20%) 1 vote

Ketiga, Yesus Kristus disebut ”anak Daud”. Allah pernah menjanjikan kepada Raja Daud: ”Keluarga dan kerajaanmu akan kokoh untuk selama-lamanya di hadapan-Ku, takhtamu akan kokoh selama-lamanya” (2 Sam 7:16). Matius menunjukkan bahwa janji Allah itu terpenuhi dalam diri Yesus, keturunan Daud. Kenyataan bahwa Yesus bukanlah keturunan Yusuf secara biologis tidaklah penting dan menentukan bagi masyarakat Yahudi. Dalam lingkup masyarakat Yahudi, yang penting ialah bahwa secara yuridis dan sosial, Yesus adalah keturunan Daud, sebab Maria adalah istri resmi Yusuf, keturunan Daud. Juga penting diperhatikan bahwa Yusuf-lah yang memberi nama kepada Yesus (Mat 1:25), sehingga Yesus secara yuridis dan sosial benar-benar anak Yusuf. Jadi, Yesus adalah keturunan Daud.

Keempat, Yesus Kristus disebut ”anak Abraham”. Yesus adalah keturunan Abraham, baik dalam arti jasmani maupun rohani. Dengan menekankan bahwa Yesus adalah keturunan Abraham, Matius hendak menunjukkan bahwa Yesus itulah pemenuhan janji Allah kepada Abraham: ”…olehmu semua kaum di muka bumi akan mendapat berkat” (Kej 12:3). Seperti kita ketahui bahwa Matius menuliskan Injilnya untuk orang-orang Yahudi. Bagi orang-orang Yahudi, Abraham adalah Bapa mereka. Maka, penekanan Matius secara serentak ”anak Daud, anak Abraham” hendak mengatakan bahwa Yesus Kristus itu adalah pemenuhan janji Allah akan kedatangan Mesias dari keturunan Daud, dan bahwa Yesus Kristus sekaligus pemenuhan janji Allah kepada Abraham, Bapa mereka. Yesus Kristus adalah berkat bagi banyak orang bukan Yahudi yang percaya pada Yesus sebagai Mesias.

Penyebutan ”anak Abraham” ini juga hendak menetralisir kesan seolah Yesus merajai manusia dengan kekuatan duniawi dan sebagai raja duniawi, yaitu ”anak Daud”. Menekankan bahwa Yesus juga keturunan Abraham, yang tidak pernah duduk di atas takhta seperti Daud, berarti menyatakan bahwa Yesus adalah Mesias yang merajai kita secara rohani dan menjadi berkat dalam arti seluas-luasnya. Ia adalah pembawa keselamatan seperti Abraham, Bapa segala kaum beriman.

Pastor Dr Petrus Maria Handoko CM

Sumber artikel Majalah HIDUP Edisi No. 51 Tanggal 19 Desember 2010

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*