Artikel Terbaru

BIDUK Berbasis Web-Online

BIDUK Berbasis Web-Online
3 (60%) 2 votes

BIDUK dinilai menjadi aplikasi yang meminimalisir aktivitas pengecekan dan input data Excel. Dengan basis data terpusat, proses mutasi umat antar paroki, Wilayah atau Lingkungan di KAJ dapat terdeteksi lebih baik. Perbaikan, penambahan atau perubahan aplikasi dilakukan di satu lokasi untuk seluruh paroki.

Dengan demikian, ada kesetaraan dan keseragaman aplikasi di seluruh paroki KAJ. Dashboard dapat melihat kondisi paroki secara global. Apalagi sistemnya sangat mudah karena tidak butuh instalasi dan Personal Computer (PC) khusus. Dalam praktiknya, tak perlu pusing lagi jika ada pergantian sekretaris atau pengurus Lingkungan karena tidak akan mengulang input dari awal.

Kehadiran BIDUK diharapkan mengeliminasi data statistik umat yang double sehingga upload data ke Sekretaris pun valid. “Bisa jadi bila semua paroki KAJ menggunakan BIDUK, statistik umat Katolik KAJ menurun karena selama ini ada data yang double,” ujar Victor Korompis, anggota Tim BIDUK KAJ.

Perluas Jejaring
Demi keamanan aplikasi BIDUK, KAJ menggandeng Universitas Bina Nusantara (Binus). Kerjasama ini bukan soal bisnis, tapi sebelumnya KAJ telah bekerja sama dengan Binus, misalnya Website KAJ yang juga dikelola Binus. Hal ini mempertimbangkan jaminan keamanan data. “Faktor keamanan amat penting karena betapa mudahnya data bisa disalahgunakan dan bisa saja merugikan KAJ,” tegas Johannes Septian Sutrisno, anggota Tim BIDUK KAJ.

Johannes menambahkan, pemilihan kerjasama institusi ini juga mampu bertahan hingga 20 tahun. Dalam proses ini, ada kontrak kerja KAJ-Binus sehingga infrastruktur teknologi dipastikan aman–termasuk server–karena menggunakan software berlisensi. Berbeda dengan aplikasi perorangan yang saat ini digunakan paroki. Aplikasi ini sangat tergantung pada satu orang dan tidak memiliki infrastruktur teknologi yang aman. Bahkan sebagian besar software bajakan digunakan sehingga muncul isu pelanggaran hak cipta.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*