Artikel Terbaru

BIDUK Berbasis Web-Online

BIDUK Berbasis Web-Online
3 (60%) 2 votes

Proses Input
Agar tiap paroki bisa mengikuti sistem ini, Koordinator Wilayah dan Sekretaris Paroki bisa menghubungi programmer langsung untuk membantu mengeluarkan data dari sistem lama dan menyesuaikannya dengan format BIDUK. Programmer akan memberikan username dan password untuk mengisi data Lingkungan, Wilayah dan paroki diformat BIDUK. Petugas input lalu mengunduh (download) file Excel untuk mengimpor data, kemudian mengisi file Excel itu ke BIDUK. Programmer juga akan membuat username dan password baru untuk para ketua Lingkungan, koordinator Wilayah, sekretaris Paroki dan para pastor Paroki.

Setelah semua data terkumpul, KAJ akan meneruskan ke server utama Binus. Demi keamanan, sistem akan mengatur otoritas akses data. Misal, administrator KAJ bisa mengakses semua data umat; sementara para pastor Paroki, koordinator Wilayah, dan ketua Lingkungan hanya bisa mengakses data di kanal wilayahnya.

Menurut Ivan Sangkereng, Direktur IT Binus sekaligus anggota Tim BIDUK KAJ, dipastikan aplikasi ini punya tingkat keamanan tinggi. Data yang sudah siap diberikan user ID lalu di-convert dengan jaringan dan dimasukkan dalam aplikasi (user login). Setelah itu, terciptalah database yang valid. Dalam aplikasi ini sudah dimasukkan secara lengkap data umat, seperti lokasi umat, status perkawinan, agama, pendidikan dan pekerjaan, Kartu Keluarga (KK), mutasi keluarga, mutasi anggota, import data, serta pencarian data umat.

Bila terjadi error, Tim IT Binus akan memperbaikinya sesuai rekomendasi Tim BIDUK KAJ. Pengaduan dapat dilakukan via WhatsApp “BIDUK User Group KAJ” dan lewat nomor extension yang tertera dalam aplikasi online tersebut. Per 16 April 2016, tercatat 14 paroki telah mengimplementasikan BIDUK dan prosesnya telah sampai tahap input data umat dari Excel ke aplikasi BIDUK.

Yusti H. Wuarmanuk

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 18 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 1 Mei 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*