Artikel Terbaru

KLH: Melayani Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus

KLH: Melayani Terapi untuk Anak Berkebutuhan Khusus
1 (20%) 1 vote

Pembangunan gedung itu merupakan wujud nyata dukungan dari pastor paroki serta kepedulian umat terhadap anak ABK. Lantai tiga itu kemudian di resmikan pada 31 Januari 2016 bersamaan dengan ulang tahun Paroki Danau Sunter yang ke-13. Peresmian dilakukan oleh Uskup Agung Jakarta, Mgr Ignatius Suharyo didampingi Pastor Kepala Paroki Danau Sunter, Romo Yohanes Boedirahardjo Soerjonoto SDB.

Tenaga Sukarela
Kini, komunitas Lovely Hands memberikan pendampingan kepada sekitar 50 ABK. Dari jumlah itu, hanya 15 persen yang beragama Katolik. Setiap hari mulai pukul 08.00 sampai pukul 17.00 WIB, anak-anak Lovely Hands mendapat bimbingan dari guru-guru yang semuanya tenaga sukarela.

Karena tenaga guru sukarela terbatas, kadang ini menjadi kendala. Meski begitu, pengurus Lovely Hands selalu berusaha mencari volunter. Setiap hari dalam menjalankan aktivitasnya Lovely Hands membutuhkan minimal empat volunter.

Para volunter tersebut setiap hari akan mendampingi peserta pendampingan Lovely Hands yang berjumlah kurang lebih 20 anak. Mereka akan memberikan pendampingan dengan materi yang berbeda setiap harinya. Untuk metode yang dipakai, mereka tidak melulu memberikan pendampingan di dalam ruangan. Sesekali mereka mengajak anak-anak beraktivitas di luar ruangan, misalnya dengan mengajak rekreasi. Aktivitas semacam ini dalam setahun minimal diadakan dua kali.

Di tengah keterbatasan tenaga, menurut Lanneke, komunitas Lovely Hands menetapkan jadwal minimal dua sampai tiga kali pertemuan setiap pekan kepada masing-masing peserta. “Apa daya, untuk sekarang tenaga masih terbatas. Kami berharap, ke depan bisa diadakan empat hingga lima kali pertemuan setiap pekan,” katanya.

Peran Orangtua
Bagi ABK yang baru pertama kali datang bersama dengan orangtuanya di Lovely Hands, biasanya mereka wajib mengisi sebuah formulir biodata. Para orangtua harus mengisi setiap item formulir dengan jujur. Formulir ini digunakan untuk mengetahui gejala-gejala awal ABK dan untuk mengetahui cara pendampingan yang tepat.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*