Artikel Terbaru

KKMK, Ke Sana Ke Mari Mencari …

KKMK, Ke Sana Ke Mari Mencari …
1 (20%) 1 vote

Selain itu, KKMK Balikpapan juga mengadakan Doa Rosario bergilir di rumah anggota, ziarah ke Gua Maria, rekreasi bersama, membersihkan lingkungan, bakti sosial, hingga arisan setiap bulan. “Harapannya, KKMK Balikpapan semakin produktif dan aktif serta mendorong kaum muda untuk berwirausaha.”

Terus Berbenah
Sementara di Keuskupan Agung Medan, menurut Kordum KKMK Medan Fernando Thomas Simandalahi, komunitas ini belum banyak dikenal umat. Ada beberapa paroki yang pernah memiliki KKMK namun kemudian tidak aktif. Menurut Fernando, sosialisai mengenai KKMK mesti terus dilakukan. Pun dibutuhkan penggerak yang bisa mengarahkan dan membimbing orang muda, terutama para karyawan muda. “Jika KAM (Keuskupan Agung Medan-Red) ingin agar KKMK ini ada di keuskupan dan paroki, harus ada yang bergerak dan membentuk KKMK.”

Sampai saat ini KKMK di Medan ada di Paroki St Maria Ratu Rosari Tanjung Selamat, Medan. Kegiatan KKMK Medan antara lain melakukan kunjungan dan pelayanan ke stasi-stasi bersama pastor, berkunjung ke panti asuhan, membuat penggalangan dana, dan rekreasi bersama. “Di bawah bimbingan Pastor Efron OSC sebagai pembina, kami sedang menggodok beberapa program khusus, seperti Doa Taize, kursus gratis ‘English for Adult’ untuk para anggota, dan menerbitkan buletin lowongan kerja.”

Melalui program yang dibuat, KKMK Medan ingin mensosialisasikan komunitas ini dan mengajak semakin banyak orang muda ambil bagian di dalamnya. “Kami membutuhkan dukungan dari paroki dan keuskupan untuk melaksanakan program yang sedang kami rancang. Kami juga harus menyatukan kekuatan agar komunitas ini makin dikenal.”

Fernando juga berharap, KKMK bisa memanfaatkan media sosial untuk menjangkau orang muda di mana saja hingga terbentuk KKMK di banyak tempat. “Semoga ini bisa menjadi kekuatan besar untuk menegakkan tiga pilar KKMK, sehingga orang muda bisa berkontribusi untuk pengembangan Gereja.”

Maria Pertiwi
Laporan: Edward Wirawan/A.Aditya Mahendra/Yanuari Marwanto

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 42 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 20 November 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*