Artikel Terbaru

Harmoni di Tanah Pancasila

Harmoni di Tanah Pancasila
1 (20%) 1 vote

Pada April 2016 yang lalu, pelaksanaan operasi diadakan di RSUD Pasar Minggu Jakarta. “Pihak RSUD Pasar Minggu dengan senang hati meminjamkan tempatnya dengan gratis. Untuk gelombang kedua dan seterusnya kemungkinan akan di adakan RSUD Pasar Minggu ini lagi,” ungkap Christina.

Merawat Pancasila
Disinggung dengan tema utama “Amalkan Pancasila” dalam Ardas KAJ 2016-2020, Christina berpendapat bahwa kegiatan operasi katarak tersebut bisa menjadi sebuah bentuk pengamalan dari Sila Kedua, “Kemanusiaan yang adil dan beradab” dan Kelima, “Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia”. Oleh karena itu, kegiatan operasi katarak ini sudah diusulkan oleh Paroki Cilandak sebagai salah satu kegiatan perwujudan pengamalan Pancasila sesuai tema pokok Ardas KAJ ke Dewan Karya Pastoral KAJ.

Christina juga berpendapat, bahwa tema utama “Amalkan Pancasila” dalam Ardas ini baik diterapkan di KAJ karena dapat memperlihatkan umat Katolik Indonesia yang cinta dan peduli dengan bangsanya. “Lewat semangat Ardas ini, semoga masyarakat antaragama dan suku bisa bekerjasama dengan dasar cinta kasih. Itu ajaran umat Katolik yang perlu diamalkan untuk semua orang,” pungkasnya.

Sementara Beni, mengatakan bahwa Ardas KAJ sangat penting bagi kehidupan menggereja dan bernegara. Sebagai Ketua Pengurus CUBS, ia menilai, hal penting dari koperasi bukan hanya soal simpan pinjam. “CUBS juga sebagai pemersatu masyarakat. Pemersatu, karena dengan pengurus yang berjiwa volunter, maka ada semangat pengabdian di situ,” ujarnya.

Segendang, sepenarian dengan Beni, Eddy sebagai Ketua Komunitas SKS mene gaskan bahwa Pancasila harus membuat masyarakat bisa hidup berdampingan tanpa diganggu oleh perbedaan. “Saya berharap agar setiap orang bisa merawat nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat,” ujar pria berumur 56 tahun ini.

Pada 1 Juni ini, bangsa Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila. Untuk merawat identitas dan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia ini, KAJ telah mengangkat “Amalkan Pancasila” sebagai tema utama dalam Ardas KAJ 2016-2020. Memang, nilai Pancasila tidak hanya sekadar menjaga kebhinekaan, tetapi berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan yang diceritakan ini bisa menjadi bukti upaya umat dalam pengembangan nilai-nilai Pancasila. Semoga berbagai kegiatan tersebut dapat lestari dan momen Hari Lahir Pancasila ini dapat menjadi refleksi kita bersama dan semua pihak untuk tetap berusaha menjaga perdamaian dan harmoni dalam hidup bermasyarakat.

Edward Wirawan
Laporan: Maria Pertiwi dan A. Nendro Saputro

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 23 Tahun 2016, Terbit pada Minggu: 5 Juni 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*