Artikel Terbaru

Utusan Bapa Suci di Medan Merdeka Timur

Utusan Bapa Suci di Medan Merdeka Timur
1 (20%) 1 vote

Pada lantai yang sama, tak jauh dari pintu kapel terdapat sebuah patung Bunda Maria menggendong bayi Yesus. Biasa, umat sebelum atau setelah perayaan Ekaristi berdoa di depan patung Maria itu. Sementara, bagi umat yang hendak menerima Sakramen Tobat, bisa dilayani sebelum atau sesudah perayaan Ekaristi.

Lantai ketiga difungsikan sebagai ruang kerja. Semua pekerjaan kedutaan diselesaikan di lantai ini. Sementara lantai keempat menjadi tempat istirahat.

Di bagian belakang bangunan juga terdapat sebuah taman yang hijau. Taman ini menghadap ke arah bangunan lain yang masih satu area dengan Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan, yakni biara suster Ursulin. Untuk berkunjung ke susteran Ursulin ini bisa menggunakan jalan melalui basement gedung Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan.

Keterkaitan gedung Kedutaan Besar Takhta Suci Vatikan dengan para suster Ursulin memang erat. Pada masa-masa awal hubungan Indonesia-Vatikan, para duta Paus belum memiliki tempat tinggal yang permanen di Jakarta. Mereka sering berpindah-pindah tempat. Baru pada 14 Mei 1949, berkat donasi Superior Jenderal Ursulin (OSU), sebuah rumah dapat dibeli sebagai kediaman resmi Nunsius.

Masih di taman yang sama berdiri tegak dua patung Paus yang pernah mengadakan kunjungan apostolik ke Indonesia. Patung pertama menggambarkan sosok Paus Paulus VI yang bertandang ke Indonesia pada 3 Desember 1970. Sementara patung kedua adalah sosok Paus Yohanes Paulus II yang berkunjung ke Indonesia pada 9-13 Oktober 1989. Akankah patung itu bertambah? Kita semua berharap, Paus kembali menyapa umat Katolik di Indonesia.

Christophorus Marimin

Sumber Tulisan: Majalah HIDUP Edisi 16 Tanggal 17 April 2016

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*