Artikel Terbaru

Maria Pertolongan Orang Kristen

Maria Pertolongan Orang Kristen
5 (100%) 1 vote

Keempat, peristiwa lain yang membuat gelar Maria Pertolongan Orang Kristen menonjol ialah perseteruan antara Gereja dengan Napoleon Bonaparte yang naik tahta pada 1804. Napoleon mulai menganiaya Gereja. Paus Pius VII mengucilkan Kaisar, tetapi pada 1809 Napoleon membalasnya dengan menyerbu Vatikan dan memenjarakan Paus di Perancis selama lima tahun. Bapa Suci menyampaikan permohonannya agar setiap orang berdoa kepada Santa Perawan Maria Pertolongan Orang Kristen bagi pembebasannya. Permohonan ini terkabul, karena 24 Mei 1814 Napoleon Bonaparte dilengserkan dan pada hari itu juga Bapa Suci kembali ke Roma. Sesuai dengan janjinya kepada Bunda Maria, hal resmi pertama yang Bapa Suci lakukan ialah menyatakan tanggal 24 Mei sebagai Pesta Maria Pertolongan Orang Kristen. Pesta ini berlaku sampai sekarang.

Kelima, beberapa peristiwa penting di atas menunjukkan peran penting Bunda Maria dalam melindungi dan menolong Gereja Universal pada saat-saat yang genting. Hal ini menimbulkan kecintaan para anggota Gereja kepada Bunda Maria. Kecintaan inilah yang juga diungkapkan oleh para Uskup Australia dalam Sinode mereka tahun 1844, yaitu dengan menetapkan Maria, Pertolongan Orang Kristen sebagai pelindung utama Australia. Itulah sebabnya pesta Maria, Pertolongan Orang Kristen, tanggal 24 Mei, dirayakan secara meriah di Australia. Secara liturgis, Gereja Katolik Australia merayakan pesta ini pada tingkatan tertinggi, yaitu sebagai Hari Raya.

Salah satu ungkapan kecintaan dan penghormatan ini nampak dalam pemberian nama katedral di Sydney, yaitu dibaktikan kepada Maria yang dikandung Tanpa Noda, Pertolongan Orang Kristen.

Gelar Bunda Maria, Pertolongan Orang Kristen mengingatkan kita akan perhatian dan kasih Bunda Maria yang penuh kuasa baik bagi Gereja Universal maupun bagi Gereja Australia.

Dr Petrus Maria Handoko CM

Sumber artikel Majalah HIDUP Edisi No. 19 Tanggal 6 Mei 2012

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*