Artikel Terbaru

Pacar Saya Beragama Islam

Pacar Saya Beragama Islam
1 (20%) 1 vote

Nah, Maria telah menjalin hubungan dengan laki-laki beragama Islam dan sangat mencintainya. Apa yang harus dilakukan? Gereja memang dalam arti tertentu menghalangi orang Katolik menikah dengan mereka yang tidak dibaptis. Tetapi, Gereja tak bisa menutup mata terhadap kenyataan bahwa pihak Katolik mencintai mereka yang tidak dibaptis. Jika hubungan itu dilanjutkan dengan perkawinan, maka Gereja memberikan dispensasi supaya perkawinan tersebut diterima oleh Gereja sebagai perkawinan yang sah. Maka, Maria sebaiknya menghubungi pastor paroki tempat di mana Maria tinggal, dan menyampaikan bahwa calon suami Maria adalah pihak yang tidak dibaptis.

Supaya dispensasi bisa diusahakan, maka dibutuhkan beberapa syarat berikut ini: Pertama, Maria sebagai pihak Katolik berjanji untuk setia pada iman Katolik. Kedua, berjanji untuk berusaha sekuat tenaga mendidik dan membesarkan anak-anak yang akan lahir secara Katolik. Ketiga, pasanganmu diberitahu mengenai janji yang Maria nyatakan sehingga pasanganmu juga sadar akan janji dan kewajibanmu sebagai orang Katolik. Keempat, tujuan dan sifat-sifat hakiki perkawinan Katolik tidak boleh dikecualikan oleh pasanganmu. Maria yang terkasih, perlu saya tambahkan di sini bahwa halangan perkawinan beda agama bersifat gerejawi. Karena, itu hanya mengikat orang Katolik dan mereka yang menikah dengan orang Katolik. Maria, sekian penjelasan dari saya. Saya mendukungmu dalam doa-doa.

***

Pengasuh yang baik hati, saat ini saya tinggal di sebuah dusun terpencil. Sudah tujuh tahun ini saya hidup bersama layaknya suami-istri dengan tetangga perempuan yang sangat saya cintai, tanpa suatu ikatan pernikahan yang resmi. Kami sudah memiliki seorang anak. Teman-teman saya dari kota mengatakan, bahwa kami kumpul kebo. Orang sekitar kami tidak mempedulikan hubungan kami, karena banyak yang hidup seperti kami ini. Saya beragama Katolik tapi jarang ke gereja dan pasangan saya beragama Kristen Protestan. Kami ingin mensahkan hubungan kami ini secara Katolik, karena pasangan saya mau menjadi Katolik. Apa yang harus saya lakukan?

Albertus, Kalimantan

Albertus yang terkasih, terima kasih atas keterbukaanmu. Hidup bersama dengan seorang perempuan, meskipun atas dasar cinta, jika belum disatukan dalam sebuah ikatan perkawinan yang sah tentu saja tak dapat dibenarkan. Dalam pandangan Gereja Katolik, sebuah perkawinan baru bisa dikatakan sebagai perkawinan yang sah jika sekurang-kurangnya memenuhi tiga syarat berikut ini.

Pertama, seseorang harus bebas dari halangan nikah yang menggagalkan. Ada sejumlah halangan yang menggagalkan seseorang untuk melangsungkan perkawinan secara sah di dalam Gereja Katolik. Tetapi, di sini saya menyebutkan salah satu saja, yaitu halangan nikah ikatan nikah. Semua orang yang telah melangsungkan perkawinan tidak dapat melangsungkan perkawinan baru dengan pihak ketiga. Itu berarti, selama perkawinan pertama masih ada, maka seseorang tak dapat melangsungkan sebuah perkawinan baru secara sah. Halangan nikah ikatan nikah bersumber pada hukum Ilahi, maka mengikat semua orang baik dibaptis maupun tidak dibaptis.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*