Artikel Terbaru

Pacar Saya Beragama Islam

Pacar Saya Beragama Islam
1 (20%) 1 vote

Kedua, tidak cacat dalam konsensus. Pada dasarnya, konsensus atau kesepakatan seorang laki-laki dan seorang perempuan merupakan dasar dari perkawinan. Keduanya berjanji (bersepakat) untuk membangun kebersamaan seluruh hidup, setia dalam suka dan duka, dalam untung dan malang. Ada sejumlah hal yang membuat seseorang tidak bisa membuat konsensus atau kesepakatan dalam perkawinan secara benar dan penuh kebebasan. Misalnya, mereka yang mengalami gangguan psikis serius tentu saja tidak dapat membuat konsensus yang benar dan penuh kebebasan.

Ketiga, melaksanakan peneguhan perkawinan menurut ketentuan Gereja Katolik. Artinya, sebuah perkawinan dikatakan sah jika dilaksanakan berdasarkan tata peneguhan yang sah menurut Gereja Katolik.

Sekarang ini, Albertus hidup bersama dengan seorang perempuan Protestan dan sudah memiliki satu anak. Ada beberapa hal yang, menurut saya, baik untuk diperhatikan. Pertama, jika Albertus merasa yakin dengan kelanjutan hubungan ini, maka tidak ada salahnya hubunganmu dengan perempuan tersebut disahkan di dalam Gereja Katolik. Untuk itu, Albertus berkonsultasi terlebih dahulu dengan pastor paroki di mana Albertus tinggal. Kedua, karena pasanganmu ingin menjadi Katolik, maka baik jika pada saat dia diterima dalam Gereja Katolik, pada saat itulah perkawinanmu disahkan. Tetapi untuk hal ini, sekali lagi saya menganjurkan Albertus untuk berkonsultasi dengan pastor paroki.

Ignasius Tari MSF

Sumber: Majalah HIDUP Edisi No. 14 Tanggal 3 April 2011

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*