Artikel Terbaru

Santo Domenico Savio: Santo Muda Pelindung Remaja Putra

Santo Domenico Savio: Santo Muda Pelindung Remaja Putra
3 (60%) 2 votes

Di Oratorio, Domenico dikenal oleh teman-teman serta para guru sebagai seorang anak yang periang, ramah, serta teliti. Walaupun masih anak-anak, ia dikaruniai Tuhan karunia-karunia rohani yang jauh melebihi usianya. Domenico peka pada mereka yang membutuhkan pertolongan, mengenali kebutuhan rohani orang-orang di sekitarnya, serta dikaruniai kemampuan untuk bernubuat.

Karena itulah, Domenico memperoleh kasih sayang serta hormat dari teman-temannya dan juga dari para imam. Tiap kali menyambut teman baru yang datang ke Oratorio, Domenico berpesan, “Servite Domino in laetitia. Layanilah Tuhan dengan sukacita yang kudus.”

Karena pengaruh kesalehan Pastor Don Bosco, Domenico tekun mengusahakan keberhasilan dalam belajar. Di antara kawan-kawannya, ia menjadi seorang rasul yang aktif. Ia membantu memberi pelajaran agama dan mata pelajaran lainnya serta merawat orang-orang sakit. Untuk mendidik anak-anak yang bandel, ia mendirikan sebuah klub remaja dan memberi mereka pelajaran agama.

Pada 1856, Domenico Savio jatuh sakit. Dokter yang merawatnya membujuk agar ia pulang saja ke rumah orangtuanya. Namun, ia menolaknya. Pada 6 Mei 1857, ia menerima Sakramen Pengurapan. Lalu, pada pukul sembilan malam, ia menghembuskan napasnya yang terakhir. Meski perjalanan hidupnya singkat, Domenico telah mempersembahkan karyanya yang terbaik pada Yesus dan Bunda Maria yang sangat dicintainya.

Pada 1950, Domenico dinyatakan sebagai Beato. Pada 1957, ia dinyatakan sebagai Santo. Ia diangkat menjadi santo pelindung remaja, khususnya remaja putra. Ia juga diangkat menjadi pelindung paduan suara remaja putra, pelindung remaja yang diperlakukan tidak adil, dan pelindung bagi mereka yang tak bersalah tetapi dikenai tuduhan palsu.

Ivonne Suryanto

Sumber: Majalah HIDUP Edisi No. 19 Tanggal 6 Mei 2012

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*