Artikel Terbaru

AKBP FX Arendra Wahyudi: Kapolres Peduli Anak-Anak

AKBP FX Arendra Wahyudi: Kapolres Peduli Anak-Anak
1 (20%) 1 vote

Tugas di Sudan
Tahun 2009-2010, Rendra diutus bergabung dalam misi pasukan perdamaian PBB-UNAMID di Sudan. Suatu malam ketika mengadakan patroli di wilayah IDP Abu Shouk, Rendra bersama pasukannya mengedarkan makanan kaleng instan kepada tentara Sudan (GOS Army) di markas mereka.

Begitu memasuki markas, dengan bahasa Arab dan Inggris Rendra menjelaskan maksud kedatangannya, untuk memberi bantuan makanan kaleng instan. Ketika sudah selesai menjelaskan tata cara membuka, memasak dan memakannya, tiba-tiba salah satu komandan kompi berteriak berkali-kali, “Bunduqiyah.” Bunduqiyah dalam bahasa setempat berarti senjata. Mereka lalu mengambil senjata dan menodongkan senjata ke arah regu FPU 1 Indonesia yang dipimpin Rendra.

“Keringat dingin, saya khawatir kalau salah satu di antara mereka menembak. Kondisi tentara Sudan sudah sangat lelah, stres, beberapa sudah terpengaruh minuman alkohol. Saya menegaskan kepada komandan kompi berulang-ulang. ”

Setelah negosiasi pan jang Rendra mengerti, ternyata Rendra dan pasukannya salah masuk pintu. Mereka masuk lewat pintu keluar. “Kami minta maaf. Tetapi baju kami basah semua karena keringat dingin,” kata perwira yang hobi fitness ini.

Pulang dari Sudan, Rendra ditugaskan sebagai Kepala Detasemen C Pelopor Satuan Brimob Polda Papua. Tahun 2012, Rendra ditugaskan sebagai Kepala Detasemen Gegana Satuan Brimob Polda Bali. Detasemen Gegana bertugas mengatasi teror, penjinakan bahan peledak (jihandak), dan melakukan tindakan SAR. Tidak hanya di korps Brimob, pada 2013 Rendra bertugas sebagai Kordinator Sekretaris Pribadi Pimpinan Polda Bali. April 2015, Rendra dilantik sebagai Kapolres Klungkung.

Selama menjabat sebagai Kapolres Klungkung banyak terobosan sudah ia buat. Misinya ialah mendekatkan POLRI dengan masyarakat, salah satunya dengan program Gowes Kamtibmas. “Gowes Kamtibmas sangat efektif untuk mendekatkan personil Polri dengan masyarakat. Selain untuk bercengkrama, kegiatan ini pun diharapkan dapat memberikan solusi terhadap keluhan yang timbul di masyarakat,” kata Rendra.

Ia juga mencanangkan Polisi Peduli Anak. Program ini ia gagas sebagai wujud kepedulian Polres Klungkung terhadap meningkatnya tindak kekerasan terhadap anak akhir-akhir ini. Rendra menugaskan perwiranya menjadi pembina upacara setiap hari senin di sekolah–sekolah di Kabupaten Klungkung. Dalam tugas itu, pembina upacara menyampaikan himbauan–himbauan tentang cara mencegah tindak kekerasan kepada anak, sosialisasi tentang bahaya narkoba, serta keselamatan lalu lintas.

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*