Artikel Terbaru

Bt Louis Martin dan Bt Zelie Guerin: Pasutri Yang Kudus

Bt Louis Martin dan Bt Zelie Guerin: Pasutri Yang Kudus
1 (20%) 1 vote

Namun pembimbing rohani mereka justru menyarankan yang sebaliknya. Mereka pun memutuskan mempunyai anak dan berjanji akan mempersembahkan anak-anak mereka kepada Tuhan. Mereka dikaruniai sembilan anak, tujuh putri dan dua putra. Empat di antaranya meninggal ketika masih balita.

Keinginan mereka untuk mempersembahkan anak-anak diterima Tuhan. Mereka selalu berusaha mendidik putri-putri mereka dengan baik. Lewat bimbingan Louis dan Zelie, kelima putrinya semakin mengenal Yesus Kristus lewat Sakramen Mahakudus. Mereka juga mendidik putri-putri mereka bagaimana berdoa dengan baik.

St Teresia dari Lisieux
Setiap pagi Teresia dan kakaknya Celine selalu diajak ibunya untuk berdoa. Louis Martin sendiri selalu mengajak Teresia berjalan-jalan dan mengunjungi Sakramen Mahakudus, setiap hari. Pada saat itulah ia mendapat kesempatan untuk berkunjung ke kapela Karmel untuk pertama kalinya. Louis menunjukkan kepada Teresia pagar terali koor seraya berkata bahwa di baliknya tinggal para suster. Dan beberapa tahun kemudian, Teresia tinggal di dalam terali itu. Selain Teresia, putri pasangan Louis Martin dan Zelie Guerin juga menjadi rubiah Karmel, yakni Maria, Pauline, dan Celine. Sedangkan Leonie masuk biara Suster-Suster Visitasi

Teresia, putri kelima Louis Martin dan Zelie Guerin, kemudian dikenal sebagai St Teresia dari Lisieux. Dia adalah pujangga Gereja dan pelindung misi. Karya-karyanya sangat dikenal oleh banyak umat Katolik. St Teresia sendiri mengatakan telah dianugerahi Tuhan orangtua yang baik dan berharga.

Louis Martin meninggal pada 29 Juli 1894, sedangkan Zelie Guerin sudah mendahului pada 2 April 1874 karena mengidap kanker payudara. Pasutri ini dibeatifikasi pada 19 Oktober 2008 oleh Kardinal Jose Saraiva Martins.

D. Simanjuntak OCarm

Sumber: Majalah HIDUP Edisi No. 35 Tanggal 30 Agustus 2009

KOMENTAR ANDA:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*